Iklan
Iklan

Cara Bersihkan Karang Gigi dengan Garam

- Advertisement -
Cara membersihkan karang gigi dengan garam bisa menjadi salah satu solusi dalam menangani masalah gigi ini. Garam merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mengurangi penumpukan plak pemicu karang gigi.

Karang gigi adalah kumpulan plak gigi yang mengeras. Karang gigi tidak bisa hilang dengan hanya dengan menyikat gigi atau menggunakan benang gigi, tetapi melalui prosedur scaling di dokter gigi.

Namun, Anda dapat mencegah karang gigi dengan rutin membersihkan plak yang merupakan awal terbentuknya karang di gigi. Salah satu cara mempersihkan plak yang dipercaya ampuh adalah berkumur dengan air garam.

Garam merupakan antiseptik alami yang dapat membasmi bakteri. Garam bekerja dengan cara meningkatkan keseimbahan pH di dalam mulut agar tercipta kondisi basa yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Selain itu, garam juga dapat membantu melepaskan partikel makanan dan kotoran di sela-sela gigi yang dapat menyebabkan plak.

Oleh karena itu, tak perlu heran jika Anda menemukan obat kumur (mouthwash) yang mengandung garam. Biasanya, xylitol dan mentol juga ditambahkan ke dalam obat kumur untuk mencegah pembentukan plak sekaligus memberikan efek segar setelah berkumur.

Anda dapat membuat sendiri obat kumur berbahan garam untuk membersihkan karang yang melekat pada gigi. Berikut adalah cara membuat obat kumur menggunakan garam:

  • Larutkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat.
  • Berkumurlah selama 15–20 detik menggunakan larutan garam, sebelum atau sesudah menyikat gigi.
  • Lakukan 2–3 kali sehari.
  • Anda juga dapat menambahkan sejumput daun sage pada larutan garam. Daun sage bermanfaat untuk meredakan radang gusi dan sariawan di mulut.

Mencegah Pembentukan Karang pada Gigi

Meski memiliki sederet manfaat seperti yang telah disebutkan di atas, cara membersihkan karang gigi dengan garam sebaiknya tidak dijadikan sebagai perawatan utama. Penggunaan garam yang terlalu sering atau dalam jangka panjang dapat mengikis lapisan enamel gigi.

Untuk mencegah karang gigi, lakukanlah beberapa langkah berikut:

  • Menyikat gigi minimal 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride
  • Membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (dental floss) setiap hari
  • Membatasi kebiasaan menyantap camilan manis yang dapat menghasilkan asam penyebab plak gigi

Tidak kalah penting, kunjungilah dokter gigi setidaknya 2 kali dalam setahun untuk membersihkan plak dan karang gigi, serta memeriksakan kesehatan gigi secara berkala. Jika tidak ditangani, karang gigi bisa menjadi awal dari masalah gigi, seperti gigi berlubang atau kerusakan gigi.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA