Iklan
Iklan

Cara Mengatasi Suara Serak agar Segera Pulih

- Advertisement -
Suara serak merupakan suatu perubahan tidak normal yang memengaruhi karakteristik volume dan nada suara Anda. Agar suara serak bisa segera pulih, inilah cara memilih obat suara serak yang tepat.

Terdapat banyak faktor yang telah memicu munculnya suara serak, mulai dari alergi, penyakit refluks asam lambung, merokok, konsumsi minuman berkafein atau beralkohol yang berlebih, gangguan saraf yang mengatur fungsi bicara, hingga penyakit serius, seperti kanker leher dan tenggorokan.

Namun, suara serak umumnya terjadi akibat laringitis akut. Laringitis akut sendiri adalah peradangan pada kotak pita suara (laring), yang sering kali disebabkan oleh penggunaan pita suara secara berlebihan, misalnya karena bernyanyi atau berteriak terlalu lama.

Obati Suara Serak Sesuai Penyebabnya

Untuk mengetahui obat suara Anda yang serak, penting bagi Anda untuk mencari tahu terlebih dahulu penyebab munculnya suara serak. Berikut ini adalah beberapa pengobatan suara yang serak berdasarkan penyebabnya:

  • Jika suara Anda serak terjadi akibat laringitis akut, biasanya akan membaik dengan sendirinya ketika infeksi atau iritasi sembuh. Untuk mempercepat penyembuhan, Anda bisa menggunakan pelembab udara, mengurangi bicara (voice rest), minum cukup air putih, dan mengonsumsi obat batuk.
  • Jika penyebab laringitis akut adalah infeksi bakteri, maka Anda disarankan menggunakan antibiotik sesuai anjuran dokter.
  • Jika suara serak disebabkan oleh alergi atau penyakit asam lambung (GERD), Anda harus menghindari faktor pencetus alergi dan makanan atau minuman yang dapat meningkatkan asam lambung.
  • Jika suara serak terjadi akibat penyakit serius, misalnya kanker laring, kondisi ini perlu diatasi dengan prosedur operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi.
  • Jika terdapat kerusakan saraf yang mengatur fungsi bicara, maka kondisi ini perlu mendapat penanganan khusus dari dokter saraf.
  • Jika suara serak terjadi karena penggunaan pita suara yang berlebihan, maka cobalah untuk mengistirahatkan pita suara Anda.
  • Jika Anda menderita suara serak yang disebabkan oleh rokok, dianjurkan untuk berhenti merokok.

Terapi Suara untuk Mengatasi Suara Serak

Terapi suara bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengobati suara yang serak. Terapi suara merupakan program yang dirancang untuk mengurangi suara yang serak melalui perubahan gaya hidup dan gaya bicara.

Terapi ini juga akan memberitahu cara menggunakan suara dengan benar, tanpa membahayakan pita suara Anda. Cara ini sangat membantu, khususnya bagi yang Anda mengalami cedera atau baru saja menjalani operasi pita suara.

Durasi dari terapi suara disesuaikan dengan seberapa parah masalah suara dan bagaimana permulaan terjadinya suara yang serak. Kisaran waktu yang dibutuhkan adalah dua kali terapi selama 4 minggu atau lebih.

Saat menjalani terapi ini, pasien wajib mengikuti dan menaati apa yang sudah dipraktikkan selama terapi, termasuk setelah sesi terapi selesai.

Usahakan untuk memilih penanganan dan obat suara yang sesuai dengan kondisi Anda. Selain itu, cobalah menghindari beragam hal yang bisa mengakibatkan suara Anda serak seperti yang telah disebutkan di atas.

Anda juga dianjurkan untuk tidak menggunakan suara secara berlebihan, berhenti merokok, membatasi konsumsi minuman beralkohol atau berkafein, serta tidak mengonsumsi makanan pedas atau yang bisa menyebabkan suara Anda serak.

Segera konsultasikan kepada dokter jika gangguan suara Anda serak yang Anda alami makin parah atau terjadi lebih dari 10 hari. Pemeriksaan dini pada gangguan suara diperlukan untuk mengantisipasi penyakit yang serius, seperti kanker laring.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA