Cetak Atlet Potensial, KONI Pesisir Selatan Bentuk Koordinator Olahraga Kecamatan

pesisir selatan
Untuk meluaskan pembinaan, Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI), Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) turun ke empat kecamatan, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Bayang, Kecamatan Bayang Utara dan Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada Selasa (17/5).

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum KONI Kabupaten Pessel Toni Mardianto, Spd.

Dikatakannya  KONI memberikan wewenang KOK di level kecamatan. Total, ada 15 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan.

”Proyeksi kami merekrut puluhan orang. Jadi, tiap kecamatan ada beberapa orang koordinator KOK,” ujar Toni Mardianto.

Menurut dia, pembentukan KOK merupakan bagian program KONI dalam persiapan menuju persiapan menghadapi Porprov, direncanakan digelar tahun ini. Adanya KOK merupakan perpanjangan tangan KONI Kabupaten Pesisir Selatan dalam menjaring dan membina para atlet di tingkat kecamatan.

Dengan KOK terbentuk di kecamatan lebih mudah mencari atlet – atlet potensial hingga ke pelosok nagari. Selain itu juga, KOK diharapkan lebih intens menjalin komunikasi dengan KONI Pessel, supaya langkah mencetak atlet potensial dapat terlaksana sesuai harapan, ” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I KONI Pessel M.Adli dengan membentuk KOK di 15 kecamatan diharapkan fungsi koordinasi dan pembinaan dapat berjalan baik.

” Tugas mereka kedepanya untuk dalam penjaringan dan pembinaan para atlet di tingkat kecamatan, ” paparnya.

Dengan membentuk KOK di 15 Kecamatan diharapkan fungsi koordinasi dan pembinaan dapat berjalan baik terutama bagi para atlet yang masih sekolah. Dan juga juga para penggiat olahraga di kecamatan ikut peduli dengan kemajuan olahraga ada dikecamatan dan nagari.

”Tugas mereka kedepanya untuk dalam penjaringan dan pembinaan para atlet di tingkat kecamatan,” katanya.

Sehingga, kata dia, KONI Kabupaten Pessel sebagai tingkat kabupaten menyeleksi para  atlet dari setiap kecamatan tersebut.

Untuk itu, pengurus KOK kedepanya bisa menggali potensi atlet yang berada diwilayah kecamatan untuk melahirkan atlet yang handal dan berprestasi baik ditingkat Kabupaten maupun ditingkat Nasional.

Sekretaris KONI Pessel Dona Satria Putra, S.Kom, melanjutkan, kemajuan pembinaan olahraga di kabupaten Pesisir Selatan tidak lepas dari peran aktif KOK di kecamatan.

” Kita harapkan setiap kecamatan miliki potensi cabang olahraga. Jadi pembinaan atlet bisa lebih fokus,” tutur Dona.

Lebih jauh, Dona kerjasama dari kecamatan segera membentuk KOK dalam dua minggu kedepan, dimana SK KOK di kecamatan nantinya dikeluarkan oleh KONI Pessel.

Camat Koto XI tarusan, Yudi Andri, SY, MH didampingi Sekcam Kecamatan Koto XI tarusan, Arfilus SH mengapresiasi KONI Pessel jemput bola langsung ke kecamatan – kecamatan dalam pembentukan KOK di kecamatan.

” Kita dari kecamatan siap mendorong  kemajuan pembinaan atlet di Kabupaten Pessel, dan KONI Kabupaten Pessel,” jelas Camat Koto XI Tarusan.

Untuk di Kecamatan Koto XI Tarusan sendiri ada beberapa olahraga yang aktif, seperti bola volly, takraw, sepak bola, dan bulu tangkis. Serta kegiatan olahraga lainya. (Kay)

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments