Iklan
Iklan

Hadang China, Amerika Serikat Buat Aliansi dengan Australia dan Inggris

- Advertisement -
Inggris, AS dan Australia telah mengumumkan pakta keamanan bersejarah di Asia-Pasifik, sebagai upaya untuk melawan China.

Ini akan membiarkan Australia membangun kapal selam bertenaga nuklir untuk pertama kalinya, menggunakan teknologi yang disediakan oleh AS.

Pakta Aukus, yang juga akan mencakup AI dan teknologi lainnya, adalah salah satu kemitraan pertahanan terbesar negara itu dalam beberapa dekade, kata para analis.

China telah mengutuk perjanjian itu, menganggapnya “sangat tidak bertanggung jawab”.

Juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian mengatakan perjanjian itu “sangat merusak perdamaian dan stabilitas regional dan mengintensifkan perlombaan senjata”.

Kedutaan China di Washington menuduh negara-negara tersebut memiliki “mentalitas Perang Dingin dan prasangka ideologis”.

Pakta tersebut juga menimbulkan perselisihan dengan Prancis, yang kini telah kehilangan kesepakatan dengan Australia untuk membangun 12 kapal selam.

china amerika serikat australia inggris

“Ini benar-benar menusuk dari belakang,” kata Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian kepada radio France Info.

Kemitraan baru itu diumumkan dalam konferensi pers virtual bersama antara Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada hari Rabu.

Dan sementara China tidak disebutkan secara langsung, ketiga pemimpin tersebut berulang kali merujuk pada masalah keamanan regional yang mereka katakan telah “tumbuh secara signifikan”.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan China “memulai salah satu pengeluaran militer terbesar dalam sejarah”.

“Mereka meningkatkan angkatan laut [dan] udaranya pada tingkat yang sangat besar. Jelas itu terlibat di beberapa daerah yang disengketakan,” katanya. “Mitra kami di wilayah itu ingin bisa berdiri sendiri.”

“Ini bukan tentang memusuhi siapa pun,” kata Wallace.

china amerika serikat australia inggris

Dalam beberapa tahun terakhir, Beijing telah dituduh meningkatkan ketegangan di wilayah yang disengketakan seperti Laut Cina Selatan.

Aliansi Aukus mungkin merupakan pengaturan keamanan paling signifikan antara ketiga negara sejak Perang Dunia Kedua, kata para analis.

Pakta tersebut akan fokus pada kemampuan militer, memisahkannya dari aliansi berbagi intelijen Five Eyes yang juga mencakup Selandia Baru dan Kanada.

Sementara kapal selam Australia adalah item terbesar, Aukus juga akan melibatkan berbagi kemampuan dunia maya dan teknologi bawah laut lainnya.

“Ini adalah kesempatan bersejarah bagi tiga negara, dengan sekutu dan mitra yang berpikiran sama, untuk melindungi nilai-nilai bersama dan mempromosikan keamanan dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik,” bunyi pernyataan bersama itu.

china amerika serikat australia inggris

“Ini benar-benar menunjukkan bahwa ketiga negara memulai dan melawan gerakan agresif [China] di Indo-Pasifik,” kata Guy Boekenstein dari Asia Society Australia.

Negara-negara Barat telah mewaspadai investasi infrastruktur China di pulau-pulau Pasifik dan juga mengkritik sanksi perdagangan China terhadap negara-negara seperti Australia.

Australia di masa lalu menjaga hubungan baik dengan China, mitra dagang terbesarnya. Namun hubungan itu telah rusak dalam beberapa tahun terakhir di tengah ketegangan politik.

Tapi ada ketegangan sekarang juga dengan Prancis, setelah Australia merobek kesepakatan A$50bn (Rp510T) untuk membangun 12 kapal selam.

“Kami telah menjalin hubungan saling percaya dengan Australia, kepercayaan ini telah dikhianati,” kata Le Drian.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA