Iklan
Iklan

Cookpad Indonesia Kampanye #MasakSetiapBagian Sambut Hari Pangan Sedunia

- Advertisement -
Cookpad Indonesia adalah platform berbagi resep dan komunitas memasak global yang menyediakan inspirasi harian untuk masakan sehari-hari.

Menyambut hari pangan Sedunia yang diperingati setiap 16 Oktober, Cookpad Indonesia mengambil peran aktif dalam momen ini melalui inisiatif #MasakSetiapBagian yang tahun ini telah memasuki tahun kedua di Indonesia.

Kampanye global #MasakSetiapBagian mengajak lebih dari 100 juta orang yang memakai Cookpad setiap bulannya untuk melakukan “rescue” pada sisa bahan pangan yang biasa dibuang, mengolahnya kembali menjadi bentuk masakan yang berbeda.

Cookpad
Soegianto Ceo Cookpad Indonesia / Foto : Istimewa

“Selain berkontribusi mengurangi limbah makanan, kampanye ini membantu rumah tangga untuk menghemat pengeluaran, meningkatkan asupan gizi, sekaligus mendapatkan kreasi hidangan baru yang lezat,” kata Soegianto, CEO Cookpad Indonesia di Jakarta, Jumat (8/10/2021).

“Kampanye #MasakSetiapBagian tahun lalu telah menghasilkan banyak resep masakan sehari-hari yang unik, salah satunya dari pengguna Cookpad di Indonesia yang membagikan resep bakso, steak dan burger dari kulit pisang,” ujar Malou Herkes, Cookpad Global Food Editor.

“Tidak banyak yang tahu, kulit buah juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Diharapkan, dengan adanya edukasi yang lebih luas mengenai #MasakSetiapBagian, bersama kita bisa bergerak menuju perilaku mengolah bahan pangan yang lebih minim limbah.”ujarnya.

Cookpad
Foto : Istimewa

Menurut FAO, jika limbah makanan diibaratkan sebagai sebuah negara, maka ia merupakan penyumbang emisi gas terbesar ketiga di dunia.

“Kita mungkin belum bisa bermigrasi ke gaya hidup ‘zero-waste’ dalam sekejap, tapi setidaknya melalui modifikasi sederhana dalam cara kita mengolah masakan sehari-hari, kita bisa berdampak nyata mengurangi limbah makanan.”jelas Malou.

Dalam perhelatan Hari Pangan Sedunia tahun ini, sekaligus peluncuran kembali kampanye #MasakSetiapBagian, Cookpad Indonesia menghadirkan rangkaian acara:

Peri Dapur

Pemberdayaan sejumlah pengguna Cookpad yang tersebar di beberapa kota Indonesia untuk menjadi penyuluh pentingnya #MasakSetiapBagian bagi komunitas mereka. Setiap Peri Dapur yang telah terpilih lewat proses seleksi, dibekali dengan berbagai kelas online untuk memperlengkapi mereka dalam menjalankan perannya.

Media Kick-off

Diskusi bersama rekan-rekan media, menghadirkan sejumlah narasumber dari CEO Cookpad Indonesia Soegianto, Cookpad Global Food Editor Malou Herkes, dan Product Specialist di PT. Prodia Occupational Health Institute International, Brilliantika Resy Febriani untuk berbagi insight mengenai pengujian keamanan bahan pangan yang kita konsumsi.

Posbar #MasakSetiapBagian

Program berbagi resep (posting bareng) akan diadakan mulai tanggal 14 – 24 Oktober 2021 di web dan aplikasi Cookpad. Dalam program ini, Cookpad mengajak para pengguna untuk membagikan resep sesuai dengan tema yang disuguhkan. Kegiatan posbar ini selanjutnya juga akan menggandeng salah satu kreator digital @my.foodplace.

Webinar #MasakSetiapBagian

Diskusi bersama narasumber yang berasal dari para penulis resep di Cookpad yang memiliki inspirasi dan sudah sering menerapkan konsep memasak semua bagian dalam kegiatan memasaknya sehari-hari. Program ini akan diadakan pada tanggal 15 dan 22 Oktober 2021, live di akun Youtube Cookpad Indonesia.

Cookpad
Foto : Istimewa

“Di tahun kedua kampanye #MasakSetiapBagian ini, Cookpad Indonesia kembali hadir memberikan ruang bagi para penulis resep untuk berdampak bagi komunitasnya dan masyarakat pada umumnya melalui resep-resep masakan keluarga Indonesia yang tetap memanfaatkan bahan lokal, dan minim limbah makanan,” ujar Soegianto.

“Bersama para komunitas dari berbagai daerah di Indonesia, Cookpad Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan inspirasi masak sehari-hari.”tambahnya

Berbagai ide, tips dan inspirasi menarik terkait #MasakSetiapBagian dari para pengguna di Indonesia bisa dilihat di Cookpad Indonesia, atau melalui IG @cookpad.conscious.cooking untuk kreasi dari pengguna Cookpad di negara-negara lain. (EH).

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA