INTERNASIONAL

Covid-19: Australia Amankan 85 Juta Dosis Vaksin

vaksin covid-19 oxford
Australia mengatakan akan mengamankan hampir 85 juta dosis vaksin covid-19 jika dua uji coba yang menjanjikan terbukti berhasil.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan negara itu telah mencapai dua kesepakatan yang akan memungkinkan dosis gratis untuk diluncurkan pada 2021 jika disetujui untuk digunakan.

Morrison memperkirakan biayanya menjadi A$ 1,7 miliar.

australia vaksin covid-19

25 juta warga Australia dapat mulai menerima dosis mulai Januari tetapi “tidak ada jaminan”, katanya.

“Bagaimanapun perjanjian tersebut menempatkan Australia pada urutan teratas, jika ahli medis kami memberi lampu hijau pada vaksin,” kata perdana menteri.

Satu vaksin berasal dari Oxford University dan perusahaan farmasi AstraZeneca, sedangkan yang lainnya adalah vaksin lokal dari University of Queensland dan CSL. Keduanya kemungkinan besar mengharuskan orang untuk mengambil dua dosis.

australia vaksin covid-19

Australia telah mencatat lebih dari 26.000 kasus covid-19 dan 769 kematian, sebagian besar dalam dua bulan terakhir setelah wabah di Victoria.

Negara bagian itu mengumumkan pada hari Minggu bahwa mereka memperpanjang lockdown selama dua minggu lagi, sebelum secara bertahap mengurangi pembatasan.

Berdasarkan rencana tersebut, warga Melbourne tidak akan dapat mengunjungi tempat lain untuk berkumpul hingga setidaknya akhir November.

australia vaksin covid-19

BACA JUGA:  Hampir 400 Ekor Paus Mati Terdampar di Australia
loading...