Iklan
Iklan

Covid-19 Dapat Bantu China Salip Ekonomi AS Pada 2028

- Advertisement -
China akan salip AS untuk menjadi ekonomi terbesar di dunia pada 2028 berkat pandemi Covid-19, lima tahun lebih awal dari perkiraan sebelumnya, kata sebuah laporan.

Centre for Economics and Business Research (CEBR) yang berbasis di Inggris mengatakan pengelolaan Covid-19 yang “terampil” akan meningkatkan pertumbuhan relatifnya dibandingkan dengan AS dan Eropa di tahun-tahun mendatang.

Sementara India diperkirakan menjadi ekonomi terbesar ketiga pada tahun 2030.

CEBR merilis tabel liga ekonominya setiap tahun pada tanggal 26 Desember.

covid-19 as amerika serikat

Meskipun China adalah negara pertama yang terkena Covid-19, negara itu mengendalikan penyakit melalui tindakan cepat dan sangat ketat, yang berarti tidak perlu mengulangi lockdown yang melumpuhkan ekonomi seperti yang telah dilakukan negara-negara Eropa.

Alhasil, tidak seperti negara-negara besar lainnya, China terhindar dari resesi ekonomi pada tahun 2020 dan pada kenyataannya diperkirakan akan tumbuh 2% tahun ini.

Ekonomi AS, sebaliknya, telah terpukul parah oleh pandemi virus corona terburuk di dunia dalam hal jumlah. Lebih dari 330.000 orang telah meninggal di AS dan ada sekitar 18,5 juta kasus yang dikonfirmasi.

Kerusakan ekonomi telah dilindungi oleh kebijakan moneter dan stimulus fiskal yang besar, tetapi ketidaksepakatan politik atas paket stimulus dapat menyebabkan sekitar 14 juta orang Amerika tanpa pembayaran tunjangan pengangguran di tahun baru.

covid-19 as amerika serikat

“Untuk beberapa waktu, tema umum ekonomi global telah menjadi perebutan kekuatan lunak dan ekonomi antara Amerika Serikat dan China,” kata laporan CEBR. “Pandemi Covid-19 dan kejatuhan ekonomi yang terkait tentu saja membuat persaingan ini menguntungkan China.”

Laporan tersebut mengatakan bahwa setelah “rebound pasca pandemi yang kuat pada tahun 2021”, ekonomi AS akan tumbuh sekitar 1,9% setiap tahun dari 2022-24 dan kemudian melambat menjadi 1,6% pada tahun-tahun setelah itu.

Sebaliknya, ekonomi China diperkirakan tumbuh 5,7% setiap tahun hingga 2025, dan 4,5% per tahun dari 2026-2030.

Pangsa China dalam ekonomi dunia telah meningkat dari hanya 3,6% pada 2000 menjadi 17,8% sekarang dan negara itu akan menjadi “ekonomi berpenghasilan tinggi” pada 2023, kata laporan itu.

covid-19 as amerika serikat

Ekonomi China tidak hanya diuntungkan dari pengendalian Covid-19 lebih awal, tetapi juga pembuatan kebijakan agresif yang menargetkan industri seperti manufaktur maju, kata wakil ketua CEBR Douglas McWilliams.

“Mereka tampaknya mencoba untuk memiliki kendali terpusat pada satu tingkat, tetapi ekonomi pasar bebas cukup di daerah lain,” katanya kepada BBC. “Dan sedikit pasar bebas yang membantu mereka bergerak maju terutama di bidang-bidang seperti teknologi.”

Tetapi rata-rata warga China akan tetap jauh lebih miskin dalam hal finansial daripada rata-rata orang Amerika bahkan setelah China menjadi ekonomi terbesar di dunia, mengingat populasi China empat kali lebih besar.

Trending Topic

1 KOMENTAR

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA