PENYAKIT

Covid-19 Dapat Sebabkan Diare dan Muntah pada Anak

covid-19 diare muntah anak
Masalah gastrointestinal seperti muntah, diare, dan kram perut bisa menjadi tanda Covid-19 pada anak-anak, saran peneliti Inggris.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Queen’s University Belfast yang belum ditinjau menguji darah hampir 1.000 anak berusia 2 hingga 15 tahun di Inggris – yang dijuluki Covid Warriors oleh para peneliti – untuk melihat apakah mereka memiliki antibodi Covid-19.

Namun sementara para peneliti menemukan bahwa mereka menunjukkan gejala yang mirip dengan orang dewasa – termasuk demam dan hilangnya rasa atau penciuman – mereka mengatakan sejumlah besar anak-anak secara statistik juga mengalami masalah perut.

covid-19 diare muntah anak

Dr Tom Waterfield, peneliti dari Wellcome-Wolfson Institute for Experimental Medicine di Queen’s University Belfast dan memimpin penelitian tersebut, mengatakan bahwa temuan tersebut dapat menunjukkan bahwa gangguan pencernaan harus ditambahkan ke gejala virus corona untuk anak-anak.

“Setelah gelombang pertama pandemi di Inggris, kami mengetahui bahwa setengah dari anak-anak yang berpartisipasi dalam penelitian ini tidak bergejala dengan infeksi SARS-CoV-2, dan mereka yang memiliki gejala biasanya tidak batuk atau perubahan pada bau /rasa, dengan gangguan gastrointestinal merupakan gejala yang jauh lebih umum.

“Studi ini telah menunjukkan bahwa kami mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyempurnakan kriteria pengujian bagi anak-anak agar menyertakan gejala GI.”

covid-19 diare muntah anak

Dari 1.000 anak yang dites, setengah dari mereka dilaporkan memiliki gejala, 68 menunjukkan tanda bahwa anak tersebut mungkin tertular Sars-Cov-2 – virus yang menyebabkan Covid-19.

Dan sementara 21 dari mereka menunjukkan demam, gejala umum dari virus, lebih banyak anak menunjukkan masalah pencernaan (13 dari 68) daripada kehilangan rasa atau penciuman, yang dilaporkan hanya oleh enam anak.

Batuk juga diamati pada sejumlah anak – namun ditemukan kurang spesifik dalam hal diagnosis, dengan anak-anak dengan dan tanpa virus menunjukkan gejala.

BACA JUGA:  Blokir TikTok, Donald Trump Dianggap Lawan Konstitusi
covid-19 diare muntah anak
A member of the medical team checks the temperature of a child, following the coronavirus outbreak, at a checkpoint on the outskirts of Duhok, Iraq March 2, 2020. REUTERS/Ari Jalal TPX IMAGES OF THE DAY

Profesor Ian Young, Kepala Penasihat Ilmiah Irlandia Utara mengatakan: “Studi penelitian sangat penting saat ini, dan berkat upaya seperti studi Covid Warriors, kami sekarang tahu lebih banyak tentang Covid-19 dalam hal keterpaparan anak-anak di Inggris terhadap virus SARS-CoV-2 sejak pandemi dimulai.

“Temuan penting ini sekarang dapat dieksplorasi lebih lanjut karena penelitian ini terus memantau penularan komunitas pada anak-anak, untuk membantu mengatasi penyebaran Covid-19.”

loading...