INTERNASIONAL

Covid-19: Kebanjiran Pasien, RS di Brasil Terancam Kolaps

covid-19 brasil
Walikota São Paulo, Brasil, mengatakan sistem kesehatannya dapat runtuh karena tingginya angka pasien kasus virus corona (Covid-19). Bruno Covas mengatakan rumah sakit umum di kota itu telah mencapai kapasitas 90% dan bisa kehabisan ruang dalam dua minggu.

São Paulo adalah salah satu daerah yang paling terdampak Covid-19  di negara itu, dengan hampir 3.000 kematian sejauh ini.

Pada hari Sabtu, Brasil menyalip Spanyol dan Italia untuk menjadi negara dengan jumlah infeksi terbesar keempat.

Kementerian kesehatan melaporkan 7.938 kasus baru dalam 24 jam terakhir, dengan total di atas 241.000. Hanya AS, Rusia, dan Inggris yang memiliki angka lebih tinggi.

Jumlah korban tewas di negara Amerika Latin tersebut selama 24 jam adalah 485, yang berarti bahwa jumlah total kematian adalah 16.118 – angka tertinggi kelima di dunia.

Para ahli kesehatan di Brasil telah memperingatkan bahwa jumlah sebenarnya dari infeksi yang dikonfirmasi di negara itu mungkin jauh lebih tinggi daripada catatan resmi, karena kurangnya pengujian.

Presiden sayap kanan Brasil Jair Bolsonaro telah dikritik keras di dalam dan luar negeri karena cara penanganannya terhadap krisis Covid-19 yang meningkat di negara itu.

Dia menentang nasihat kesehatan global tentang jarak sosial pada hari Minggu ketika dia berfoto dengan pendukung dan anak-anak di ibukota, Brasília.

BACA JUGA:  Parlemen Jepang Pilih Yoshihide Suga Sebagai PM Baru
loading...