INTERNASIONAL

Covid-19: Korea Utama Laporkan Kasus Pertama

covid-19 korea utara
Korea Utara telah melaporkan kasus pertama yang diduga sebagai Covid-19.

Kantor berita negara KCNA mengatakan seseorang yang membelot ke Korea Selatan tiga tahun lalu pekan lalu kembali melintasi garis demarkasi memiliki gejala Covid-19.

Pemimpin Kim Jong-un mengadakan pertemuan darurat dengan para pejabat tinggi, memaksakan penutupan di kota perbatasan Kaesong.

Korea Utara sebelumnya mengatakan tidak memiliki kasus Covid-19 – tetapi para analis mengatakan ini tidak mungkin.

“Sebuah peristiwa darurat terjadi di kota Kaesong di mana seorang pembelot yang pergi ke selatan tiga tahun lalu, seseorang yang diduga telah terinfeksi virus ganas kembali pada 19 Juli setelah secara ilegal melewati garis demarkasi,” kata KCNA.

Pada pertemuan Sabtu, Kim memerintahkan “sistem darurat maksimum” untuk menahan virus.

KCNA menambahkan bahwa Kim juga meluncurkan penyelidikan tentang bagaimana orang itu berhasil melintasi perbatasan yang dijaga ketat, memperingatkan mereka yang bertanggung jawab bahwa “hukuman berat” akan diberikan.

Pada saat yang sama, Korea Selatan belum melaporkan penyeberangan ilegal perbatasan demiliterisasi dalam beberapa hari terakhir.

Korea Utara menutup perbatasannya dan menempatkan ribuan orang dalam isolasi enam bulan lalu, ketika virus itu menyebar ke seluruh dunia.

Awal bulan ini, Kim memuji “keberhasilan cemerlang” negaranya dalam berurusan dengan Covid-19.

loading...