Iklan
Iklan

Covid-19: Tim Penyelidik WHO Dihalangi Masuk China

- Advertisement -
Tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang akan menyelidiki asal-usul Covid-19 di kota Wuhan telah ditolak masuk ke China.

Dua anggota sudah dalam perjalanan, dengan WHO mengatakan masalahnya adalah kurangnya izin visa.

Namun, China membantahnya, dengan mengatakan rincian kunjungan, termasuk tanggal, masih diatur.

Penyelidikan yang telah lama ditunggu itu disetujui oleh Beijing setelah berbulan-bulan bernegosiasi dengan WHO.

Virus ini pertama kali terdeteksi di Wuhan pada akhir 2019, dengan wabah awal terkait dengan pasar.

who covid-19 china

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dia sangat kecewa karena China belum menyelesaikan izin untuk kedatangan tim “mengingat dua anggota telah memulai perjalanan mereka dan yang lainnya tidak dapat melakukan perjalanan pada menit terakhir”.

“Saya telah diyakinkan bahwa China mempercepat prosedur internal untuk penempatan sedini mungkin,” katanya kepada wartawan di Jenewa pada Selasa, menjelaskan bahwa dia telah melakukan kontak dengan pejabat senior China untuk menekankan “bahwa misi tersebut adalah prioritas WHO dan tim internasional “.

Juru bicara kementerian luar negeri China Hua Chunying mengatakan kepada BBC “mungkin ada kesalahpahaman” dan “tidak perlu terlalu menerka-nerka”.

“Otoritas China bekerja sama erat dengan WHO tetapi telah terjadi beberapa wabah kecil di banyak tempat di seluruh dunia dan banyak negara serta kawasan sibuk dalam pekerjaan mereka mencegah virus dan kami juga sedang menangani ini,” katanya.

who covid-19 china

“Kami masih mendukung kerja sama internasional dan memajukan persiapan internal. Kami sedang berkomunikasi dengan WHO dan sejauh yang saya tahu dengan tanggal dan pengaturan, kami masih dalam diskusi.”

WHO telah bekerja untuk mengirim 10 orang tim ahli internasional ke China selama berbulan-bulan dengan tujuan menyelidiki asal hewan dari pandemi dan bagaimana virus pertama kali menyebar ke manusia.

Bulan lalu diumumkan bahwa penyelidikan akan dimulai pada Januari 2021.

Dua anggota tim internasional yang telah berangkat ke China telah berangkat pada Selasa pagi, kata WHO. Menurut kantor berita Reuters, kepala kedaruratan WHO Mike Ryan mengatakan satu telah berbalik dan satu berada di negara lain.

Covid-19 pertama kali terdeteksi di kota Wuhan di Cina di provinsi Hubei tengah pada akhir 2019.

who covid-19 chinacovidd-19

Awalnya diyakini Covid-19 berasal dari pasar yang menjual hewan eksotik untuk diambil dagingnya. Diduga bahwa di sinilah virus membuat lompatan dari hewan ke manusia.

Tapi asal muasal virus masih diperdebatkan. Beberapa ahli sekarang percaya pasar itu mungkin bukan asalnya, tetapi malah diperkuat di sana.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Covid-19 yang mampu menginfeksi manusia mungkin telah beredar tanpa terdeteksi pada kelelawar selama beberapa dekade. Namun, tidak diketahui, inang hewan perantara apa yang menularkan virus antara kelelawar dan manusia.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA