Iklan
Iklan

Covid-19 Tingkatkan Resiko Stroke dan Pendarahan Otak

- Advertisement -
Orang yang didiagnosis dengan Covid-19 dalam enam bulan sebelumnya lebih mungkin mengembangkan depresi, demensia, psikosis dan stroke, menurut penemuan para peneliti.

Sepertiga dari mereka dengan infeksi Covid-19 sebelumnya terus berkembang atau mengalami kekambuhan kondisi psikologis atau neurologis.

Tetapi mereka yang dirawat di rumah sakit atau dalam perawatan intensif memiliki risiko yang lebih tinggi.

Hal ini mungkin disebabkan oleh efek stres, dan virus yang berdampak langsung pada otak.

who covid-19 china

Ilmuwan Inggris melihat catatan medis elektronik lebih dari setengah juta pasien di AS, dan peluang mereka untuk mengembangkan salah satu dari 14 kondisi psikologis atau neurologis yang umum, termasuk:

  • pendarahan otak
  • stroke
  • Parkinson
  • Sindrom Guillain-Barré
  • demensia
  • psikosis
  • gangguan mood
  • gangguan kecemasan

Kegelisahan dan gangguan mood adalah diagnosis paling umum di antara mereka yang mengidap Covid-19, dan ini lebih mungkin disebabkan oleh stres saat sakit atau dibawa ke rumah sakit, para peneliti menjelaskan.

Kondisi seperti stroke dan demensia lebih mungkin disebabkan oleh dampak biologis dari virus itu sendiri, atau reaksi tubuh terhadap infeksi secara umum.

Covid-19 tidak dikaitkan dengan peningkatan risiko Parkinson atau sindrom Guillain-Barré (risiko flu).

Studi ini bersifat observasional, jadi para peneliti tidak dapat mengatakan apakah Covid-19 telah menyebabkan diagnosis apa pun – dan beberapa orang akan mengalami stroke atau depresi dalam enam bulan ke depan.

who covid-19 china

Tetapi dengan membandingkan sekelompok orang yang pernah terjangkit Covid-19 dengan dua kelompok – masing-masing dengan flu dan dengan infeksi saluran pernapasan lainnya – para peneliti di Universitas Oxford menyimpulkan bahwa Covid-19 dikaitkan dengan lebih banyak kondisi otak daripada penyakit pernapasan lainnya.

Para peserta dicocokkan berdasarkan usia, jenis kelamin, etnis, dan kondisi kesehatan, agar dapat dibandingkan.

Penderita 16% lebih mungkin mengembangkan gangguan psikologis atau neurologis setelah Covid-19 dibandingkan setelah infeksi pernapasan lainnya, dan 44% lebih mungkin dibandingkan orang yang pulih dari flu.

Selain itu, semakin parah pasien menderita Covid-19, semakin besar kemungkinan mereka untuk menerima diagnosis gangguan kesehatan mental atau gangguan otak.

Gangguan mood, kecemasan atau psikotik mempengaruhi 24% dari semua pasien tetapi ini meningkat menjadi 25% pada mereka yang dirawat di rumah sakit, 28% pada orang yang dalam perawatan intensif dan 36% pada orang yang mengalami delirium saat sakit.

who covid-19 china

Stroke mempengaruhi 2% dari semua pasien Covid-19, meningkat menjadi 7% dari mereka yang dirawat di ICU dan 9% dari mereka yang mengalami delirium.

Dan demensia didiagnosis pada 0,7% dari semua pasien Covid-19, tetapi 5% dari mereka yang mengalami delirium sebagai gejala.

Dr Sara Imarisio, kepala penelitian di Alzheimer’s Research UK, mengatakan: “Studi sebelumnya telah menyoroti bahwa orang dengan demensia berisiko lebih tinggi mengembangkan Covid-19 yang parah. Studi baru ini menyelidiki apakah hubungan ini mungkin juga berlanjut ke arah lain.

“Studi ini tidak berfokus pada penyebab hubungan ini dan penting bagi para peneliti untuk mengetahui apa yang mendasari temuan ini.”

Ada bukti bahwa virus masuk ke otak dan menyebabkan kerusakan langsung, profesor neurologi Masud Husain di Universitas Oxford menjelaskan.

Ini dapat memiliki efek tidak langsung lainnya, misalnya dengan mempengaruhi pembekuan darah yang dapat menyebabkan stroke. Dan peradangan umum yang terjadi di tubuh saat merespons infeksi dapat memengaruhi otak.

who covid-19 china

Untuk lebih dari sepertiga orang yang mengembangkan satu atau lebih dari kondisi ini, itu adalah diagnosis pertama mereka.

Tetapi bahkan di mana itu adalah kambuhnya masalah yang sudah ada sebelumnya, para peneliti mengatakan ini tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa Covid-19 telah menyebabkan episode penyakit.

Prof Dame Til Wykes, di Institute of Psychiatry, Psychology and Neuroscience, King’s College London, mengatakan: “Studi ini menegaskan kecurigaan kami bahwa diagnosis Covid-19 tidak hanya terkait dengan gejala pernapasan, tetapi juga terkait dengan masalah kejiwaan dan neurologis.

“Melihat lebih dari enam bulan setelah diagnosis telah menunjukkan bahwa efek samping dapat muncul lebih lama dari yang diharapkan – sesuatu yang tidak mengejutkan bagi mereka yang menderita Covid-19 dalam waktu lama.”

“Meskipun seperti yang diharapkan, hasilnya lebih serius pada mereka yang dirawat di rumah sakit, penelitian ini menunjukkan bahwa efek serius juga terlihat pada mereka yang tidak dirawat di rumah sakit.”

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA