NASIONAL

Cuti Bersama Idul Fitri 2020 Digeser Sampai Akhir Tahun

Cuti Bersama
Cuti bersama Idul Fitri 2020 secara resmi digeser oleh pemerintah ke akhir tahun. Penggeseran cuti bersama ini dilakukan sebagai upaya percepatan penanganan virus corona (Covid-19).

Pemerintah sebelumnya telah menetapkan cuti bersama Lebaran selama 4 hari pada 26-29 Mei 2020. Kini, tanggal tersebut bergeser menjadi 28-31 Desember 2020.

Perubahan jadwal cuti bersama ini telah diputuskan dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pada Kamis (9/4/2020).

“Kebijakan ini menindaklanjuti arahan Presiden dalam ratas antisipasi mudik lebaran pada tanggal 2 April 2020 terkait imbauan tidak mudik dan penggantian libur Lebaran 2020,” ujarMuhadjir pada keterangan tertulisnya.

Dengan adanya pergeseran cuti bersama ini, maka libur perayaan Idul Fitri hanya 2 hari, yakni pada 24- 25 Mei 2020. Pemerintah juga menetapkan tambahan cuti bersama sebelum Maulid Nabi Muhammad SAW, yakni pada 29 Oktober 2020.

Muhadjir mengatakan, pergeseran cuti bersama ke akhir tahun ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa pandemi corona sudah tertangani saat itu. Selain itu, pemerintah juga mempertimbangkan akhir tahun sebagai masa anak-anak libur sekolah, dengan demikian keluarga bisa merencanakan liburan dengan waktu yang cukup.

Muhadjir juga berharap dengan digesernya cuti bersama Lebaran 2020 ini, maka masyarakat tidak mudik. Ia menilai bahwa masyarakat Indonesia masih bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri di daerahnya masing-masing dan tidak perlu pulang kampung.

Nantinya, kata Muhadjir, mobilitas antar-provinsi juga akan dibatasi demi mengantisipasi masyarakat yang mudik. “Diprioritaskan untuk distribusi logistik dan keperluan medis,” ujar Muhadjir.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memang telah berencana untuk mengganti hari libur Lebaran 2020 demi mengantisipasi para pemudik. Pasalnya, arus mudik dikhawatirkan dapat mempercepat persebaran corona di berbagai wilayah.

BACA JUGA:  Penunjukan Iman Brotoseno Sebagai Dirut TVRI Disorot Publik, Rekam Jejaknya Berbau Pornografi

Jokowi juga mengaku bahwa penggantian hari libur ini akan disertai dengan pemberian fasilitas mudik di hari libur pengganti. Pemerintah juga diklaim akan menggratiskan objek-objek wisata selama hari libur pengganti.

Comments

comments

loading...