Iklan
Iklan

Danny Pomanto Sebut Tak Ada Penyekatan di Perbatasan Makassar Selama PPKM Level 4

- Advertisement -
Wali Kota Makassar Danny Pomanto menerbitkan surat edaran (SE) terkait PPKM Level 4 Makassar. Danny bahkan memastikan tak ada penyekatan di wilayah perbatasan khususnya jalanan masuk ke Makassar.

“Penyekatan (jalan masuk perbatasan Makassar selama PPKM level 4) tidak ada,” ujar Danny Pomanto, Selasa (27/7/2021).

Danny menjelaskan, Pemerintah Kota Makassar tidak mengeluarkan aturan soal penyekatan sebab tak ada perintah dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

“Karena tidak ada di dalam instruksi itu Inmendagri yang ada saya lihat cuma di Jawa. Tidak ada dalam instruksi saya lihat,” ujar Danny Pomanto.

SE PPKM Level 4 Makassar dengan nomor 443.01/337./S.Edar/Kesbangpol/VII/2021 diteken Danny pada 26 Juli 2021 dan bakal berlaku hingga 2 Agustus mendatang. Pada SE tersebut, Danny menegaskan tak ada penyekatan di jalanan meski tetap ada pengaturan terkait transportasi umum.

Aturan yang dimaksud mengatur bahwa transportasi umum atau angkutan massal, seperti taksi konvensional dan online serta kendaraan sewa atau rental diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70% dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Terkait aturan tersebut, Danny menyebut pengawasan akan difokuskan di wilayah terminal, seperti di Terminal Daya dan juga Terminal Mallengkeri.

“Nah transportasi umum saya lihat ada presentase 70 persen (maksimal jumlah penumpang) dan itu harus dikontrol di terminal,” katanya.

“Kalau kontrol di terminal, di terminal memang harus dikontrol, terutama soal kapasitas 70 persen kan,” ucapnya.

Melakukan kontrol terhadap orang yang masuk Makassar di tempat kedatangan seperti terminal, pelabuhan, hingga bandara dinilai Danny lebih efektif.

“Kalau dikontrol pasti kita akan kontrol tapi bukan penyekatan. Kalau penyekatan itu berarti ditahan orang di perbatasan,” kata Danny.

Saat disinggung apakah memang belum diperlukan penyekatan di perbatasan kota Makassar, Danny tak menjelaskan lebih lanjut. Dia mengaku pihaknya ikut sesuai instruksi Pemerintah pusat dalam hal ini Inmendagri.

“Kalau ada perintah penyekatan (pasti kita lakukan), penyekatan itu kan kelihatannya di Jawa saja. Kalau kita belum ada seperti itu. Kan tergantung perintahnya,” pungkas Danny Pomanto.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA