Iklan
Iklan

Demonstran Myanmar Tewas Ditembak Aparat

- Advertisement -
Seorang wanita berusia 20 tahun menjadi pengunjuk rasa pertama yang tewas dalam demonstrasi anti-kudeta di Myanmar setelah dia ditembak di kepala.

Mya Thwe Thwe Khaing tertembak minggu lalu ketika polisi mencoba membubarkan pengunjuk rasa menggunakan meriam air, peluru karet dan peluru tajam.

Lukanya mirip dengan dengan luka akibat peluru tajam, kata kelompok hak asasi manusia.

Myanmar telah mengalami protes selama berhari-hari menyusul kudeta yang menggulingkan pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi.

myanmar

Rumah sakit di ibu kota Nya Pyi Taw mengonfirmasi kematiannya pada pukul 11:00 waktu setempat (11:30 WIB). Seorang anggota komite pemakaman mengatakan Burma bahwa pemakaman sedang diatur dan rincian lebih lanjut akan segera dirilis.

“Kami akan mencari keadilan dan melangkah maju,” kata seorang dokter kepada kantor berita AFP, seraya menambahkan bahwa staf telah menghadapi tekanan besar sejak korban dibawa ke unit perawatan intensif mereka.

Pihak berwenang mengatakan mereka akan menyelidiki kasus tersebut.

Mya Thwe Thwe Khaing, yang berusia 20 tahun setelah ditembak, berada dalam keadaan koma sejak dia dibawa ke rumah sakit pada 9 Februari.

myanmar

Dia telah mengambil bagian dalam protes di Myanmar di mana polisi menggunakan meriam air terhadap pengunjuk rasa yang menolak mundur.

Keluarga Mya Thwe Thwe Khaing semuanya adalah pendukung Liga National League for Democracy (NLD) milik Suu Kyi.

Saudaranya mengatakan dia memilih untuk pertama kalinya dalam pemilihan umum November lalu, yang dimenangkan oleh NLD dengan telak.

Myanmar berada dalam keadaan darurat selama setahun setelah militer merebut kekuasaan. Mereka mengklaim hasil pemilu November itu curang tetapi belum memberikan bukti apa pun tentang itu, dan menuntut pengulangan pemilu.

myanmar

Kekuasaan telah diserahkan kepada Panglima Tertinggi Min Aung Hlaing. Suu Kyi berada dalam tahanan rumah, dituduh memiliki walkie-talkie ilegal dan melanggar Undang-Undang Bencana Alam negara itu.

Para pengunjuk rasa menyerukan pembebasannya, bersamaan dengan pembebasan anggota NLD lainnya. Negara ini sedang menyaksikan salah satu demonstrasi terbesar sejak Revolusi Saffron pada tahun 2007.

Bentrokan telah terjadi antara petugas keamanan dan pengunjuk rasa, dan militer juga memblokir internet dalam upaya untuk membungkam perbedaan pendapat.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA