Iklan
Iklan

Denny Wirawan Gelar Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion 2022

- Advertisement -
Denny Wirawan desainer Tanah Air bersama Bakti Budaya Djarum Foundation senantiasa berupaya untuk membina dan membangkitkan geliat Batik Kudus melalui beragam pagelaran dan juga koleksi busana.

Di tahun 2022 ini, keduanya kembali berkolaborasi untuk menambah wawasan para siswi SMKN 3 Kudus dan SMK NU Banat Kudus dengan jurusan Tata Busana di Kudus melalui Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion oleh Denny Wirawan yang berlangsung secara hybrid mulai 29 Juli hingga 13 Agustus 2022 mendatang.

Batik Kudus sendiri merupakan warisan budaya dari pesisir Jawa Tengah yang berkembang sejalan dengan perkembangan kerajaan di Jawa. Batik Kudus telah dipresentasikan dalam berbagai pagelaran busana, baik nasional maupun internasional oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan juga Denny Wirawan.

Denny Wirawan

Di antaranya adalah pagelaran Pasar Malam, Jakarta (2015); Padma, New York Fashion Week (2016); Wedari, Jakarta (2017); Batik For The World, UNESCO, Paris (2018), dan Thai Silk Fashion Week, Bangkok, Thailand (2019); Pagelaran Busana Niti Senja, Jakarta (2021).

”Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion oleh Denny Wirawan merupakan salah satu upaya dan komitmen  kami untuk melestarikan Batik Kudus. Melalui kegiatan ini, kami juga ingin  menambah wawasan para pelajar SMKN 3 Kudus dan SMK NU Banat Kudus yang keduanya berada dibawah naungan Bakti Pendidikan Djarum Foundation dengan jurusan tata busana yang memiliki minat di dunia fashion dengan menghadirkan sosok yang kerap memadukan Batik Kudus dengan tangan handalnya.”kata Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

BACA JUGA  Sandyakala Smara 2024 Raih Penghargaan Gold di PR Awards Singapura

Denny Wirawan

“Kami harap dalam kegiatan kolaborasi dari Bakti Budaya Djarum Foundation dan Bakti Pendidikan Djarum Foundation ini dapat mensinergikan program-program kami dan tentunya juga  selain menambah wawasan untuk bekal para pelajar dalam berkarya, kegiatan ini nantinya juga akan melahirkan desainer-desainer baru di Tanah Air yang dapat mengharumkan nama bangsa.”tambahnya.

 

Rangkaian kegiatan Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion oleh Denny Wirawan ini telah dimulai pada 29 – 31 Juli 2022 yang diawali dengan Pre-test. Dimana para peserta diminta untuk mengisi form pertanyaan dan membentuk kelompok kerja berisikan 13 pelajar yang memiliki keterampilan menjahit, mendesain pakaian, membuat pola, serta public speaking. Selanjutnya, para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan mentoring secara hybrid tentang Ready To Wear, Sustainable Fashion, Padu Padan Warna dan tentunya materi mengenai Tips dan Trik  mengolah Batik kudus agar menjadi pakaian yang fashionable pada 1 – 12 Agustus 2022.

Denny Wirawan

 “Di tahun ini, saya ingin fokus membagikan ilmu yang telah saya peroleh selama 7 tahun tentang Batik Kudus kepada para pelajar di Kudus. Selain memberikan materi tentang Batik Kudus, saya juga membekali peserta dengan materi lain yaitu Ready To Wear, Sustainable Fashion, Padu Padan Warna. Rangkaian kegiatan ini, mendapat antusiasme tinggi dari para pelajar dari SMKN 3 Kudus dan SMK NU Banat Kudus dan diikuti oleh 182 pelajar dengan jurusan tata busana dari kedua sekolah. Dalam mentoring pertama yang diselenggarakan secara virtual, para pelajar terlihat sangat bersemangat mendengarkan penjelasan dan kerap melontarkan pertanyaan-pertanyaan dari materi yang saya berikan. Semoga program ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para peserta,” ujar Denny Wirawan.

BACA JUGA  Sandyakala Smara 2024 Raih Penghargaan Gold di PR Awards Singapura

 

Puncaknya, pada 13 Agustus 2022 mendatang, para peserta dari SMKN 3 Kudus dan SMK NU Banat Kudus berkesempatan untuk  memperlihatkan hasil karyanya dalam showcase mini fashion show dan juga mendapatkan penilaian dari para juri. Di penghujung acara, akan dipilih sejumlah peserta terbaik yang berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa kelas singkat di sekolah mode ternama Jakarta.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA