Home PARIWISATA EKONOMI KREATIF Diaspora Harus Dukung Produk Unggul Indonesia di Luar Negeri

Diaspora Harus Dukung Produk Unggul Indonesia di Luar Negeri

diaspora
Foto : Sinar Harapan
Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Erick Thohir, mengatakan dukungan terhadap produk Indonesia merupakan salah satu langkah memperkenalkan produk buatan anak bangsa di pasar Internasional. Para diaspora Indonesia diajak untuk mendukung, menaikkan dan mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia di luar negeri.

“Dengan segala kerendahan hati saya memohon kepada para diaspora Indonesia untuk menanamkan Merah Putih dengan menaikkan budaya kita, menaikkan produk-produk unggulan kita di mancanegara. Kenapa tidak kita saling membantu,” ujar Menteri BUMN dalam Silaturahmi BUMN dengan Diaspora Indonesia secara virtual di Jakarta, seperti dilansir Infopublik pada Sabtu (19/2/2022).

Menurut Erick bantuan jaringan diaspora Indonesia membuat produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia bisa masuk ke salah satu toko suvenir terbesar di Uni Emirat Arab (UEA).

“Saya juga bertemu dengan diaspora Indonesia di Amerika Serikat (AS) yang sekarang merupakan salah satu pemain besar industri udang di AS. Kenapa kita tidak rajut,” katanya.

Lebih lanjut Erick menjelaskan, membangun ekosistem dengan kekuatan bangsa Indonesia adalah hal penting karena tersedia sumber daya alam (SDA) yang kuat untuk mendukungnya.

Selama ini, katanya, SDA Indonesia lebih banyak dimanfaatkan oleh bangsa lain untuk pertumbuhan ekonomi mereka.

“Kenapa SDA kita yang kuat dipakai oleh diaspora Indonesia di luar negeri, oleh bangsa kita sendiri. Ini yang kita lakukan,” kata Erick Thohir.

Erick berpendapat, pasar Indonesia yang sangat besar bisa menopang produk-produk unggulan dalam negeri.

Selain unggul di dalam negeri, produk-produk Indonesia juga dinilai bisa menjadi produk unggulan di pasar luar negeri seperti Nigeria dan Filipina.

“Hal-hal ini bisa dilakukan, karena kita memiliki SDA dan pasar tinggal merajut jaringannya agar semakin kuat,” katanya.

Exit mobile version