Beranda TEKNOLOGI GADGET Sudah Diperingatkan, Aplikasi Go SMS Pro Masih Umbar Pesan Pengguna

Sudah Diperingatkan, Aplikasi Go SMS Pro Masih Umbar Pesan Pengguna

Peneliti keamanan Trustwave mendapati Go SMS Pro mengumbar pesan penggunanya. Masalah keamanan aplikasi ini pertama kali ditemukan pada bulan Agustus 2020 dan Trustwave langsung menghubungi pengembang untuk mengatasi masalah itu dalam waktu 90 hari, sesuai standar keamanan yang ada saat ini (melansir Liputan6.com dari Tech Crunch (20/11/2020).

Berdasarkan laporan Trustwave, laporan tersebut ternyata tidak ditangangi oleh pihak pengembang Go SMS Pro. Karenanya, Trustwave kini mengumumkan temuan tersebut kepada publik.

Permasalahan itu muncul saat pengguna mengirimkan foto, video, atau file ke orang lain yang tidak memasang aplikasi ini. Sebab, mekanisme pengiriman pesan ke penerima yang tidak memiliki aplikasi Go SMS Pro berbeda.

Penerima pesan yang tidak memiliki aplikasi Go SMS Pro tidak dapat melihat file yang dikirimkan secara langsung, melainkan dalam bentuk situs web. Jadi, file yang dikirimkan akan diunggah terlebih dulu ke server, lalu diubah dalam bentuk tautan yang dapat dikirimkan ke penerima pesan.

f 4088 2cc6b32bdd2 Sudah Diperingatkan, Aplikasi Go SMS Pro Masih Umbar Pesan Pengguna

Tautan alamat web yang dibuat untuk tiap pesan ternyata berurutan. Karenanya, ada kemungkinan pihak lain dapat dengan mudah memprediksi dan menelusuri alamat web lain berdasarkan tautan yang diterimanya pertama kali.

Menurut peneliti senior di Trustwave, Karl Sigler, celah keamanan ini memang tidak menargetkan pengguna tertentu. Namun file atau pesan yang dikirimkan via Go SMS Pro ini rentan diakses publik, bukan hanya penerima yang seharusnya.

Hingga saat ini, pengembang Go SMS Pro belum berkomentar apapun tentang temuan ini.

BACA JUGA:  Samsung Dikabarkan Berhenti Produksi Galaxy Note
loading...
Apa Tanggapan Anda Tentang Media Ini?