Iklan
Iklan

Dompet Dhuafa dan Baznas DKI Jakarta Panen Raya Di Serang Banten

- Advertisement -
Dompet Dhuafa terus berupaya menyediakan pasokan ketahanan pangan masyarakat berbasis pertanian, lewat program Food for Dhuafa terus bergulir ke sejumlah masyarakat miskin terdampak pandemi Covid-19

Program Food for Dhuafa merupakan sebuah program KolaborAksi Ketahanan Pangan untuk masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa.

Program  gagsan Dompet Dhuafa ini meliputi pemberdayaan petani, dengan memberdayakan lebih dari 1.000 hektar sawah di seluruh Indonesia.

Dompet Dhuafa.
Dompet Dhuafa. Panen Raya di Serang Banten / Foto : Istimewa

“Acara hari ini merupakan sebuah perayaan untuk ketahanan pangan saat pandemi Covid 19. Dompet Dhuafa bersama Baznas (Bazis) DKI Jakarta berkolaborAksi menjalankan kebaikan dengan wujudkan panen bersama pada program besar food for dhuafa. Pandemi di Indonesia sudah sangat besar yang terdampak termasuk pangan .”ucap Nasyith Majidi selaku Ketua Yayasan Dompet Dhuafa, Di Serang Banten, Rabu (25/08/21).

“Ini merupakan ikhtiar bersama  berasal dari dana umat yang akan dikembalikan untuk umat. Dompet Dhuafa memiliki tugas yang sama dengan Baznas (Bazis) DKI Jakarta. Ini merupakan kolaborAksi positif yang akan di jalankan kedepannya di lahan150 hektare mudah-mudahan menjadi awal yg baik untuk menggarap yg lebih baik.”tambah Nasyith Majidi.

Bersama Gapoktan Bina Mulya, didukung oleh Baznas (Bazis) DKI Jakarta Dompet Dhuafa melakukan panen raya pemberdayaan petani di Desa Beberan, Kecamatan Ciruas, Serang, Banten. Panen ini menjadi tanda KolaborAksi di tengah pandemi.

Dompet Dhuafa.
Foto : Istimewa

Target realisasi aktivitas program pada lahan sawah seluas 150 hektare di Desa Beberan melibatkan 200 petani pemilik lahan. Setiap 100 petani penggarap dapat menghasilkan hingga 8 ton gabah kering per hektarnya untuk memberikan manfaat kepada lebih dari 2000 Kepala Keluarga (KK).

“Saya senang Dompet Dhuafa pada panen raya ini, Dompet Dhuafa-Baznas (Bazis) DKI melakukan kegiatan kebaikan bersama. Bahwa, daya beli masyarakat turun selama pandemi, dan kami harapkan program bantuan untuk dhuafa, modal beras untuk warteg, serta program Kita Jaga Kiyai yang menggunakan beras panen dari DD Farm ini menjadi pemantik pemulihan ekonomi masyarakat. Alhamdulilah ini rangkain awal tahun kerjasama  pertama dengan Dompet Dhuafa di ketahanan pangan. Setelah ini, insya allah setiap tempat kuliner Jakarta kita akan warnai dengan zakat.” Ucap Saat Suharto Amjad selaku Wakil Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta.

Dompet Dhuafa.
Foto : Istimewa

Sedangkan pendanaannya, Dompet Dhuafa menggunakan dana zakat produktif yang tersalurkan melalui penggerak Social Trustfund (STF) Dompet Dhuafa yang menggulirkan dana penyertaan modal bergulir selama dua tahun untuk mewujudkan tahap pemberdayaan dan kemandirian. Tahapan ini, dana penyertaan akan di kelola oleh Gapoktan Bina Mulya untuk pengembangan produksi sebagai langkah untuk  menggenjot kesejahteraan masyarakat dalam program Ketahanan Pangan dan kemandirian ekonomi hulu hilir berbasis pertanian.

“Saya sangat mengapresiasi panen yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa. Saat pandemi, seperti ini semua lapisan masyarakat sangat terdampak. Semoga Dompet Dhuafa dapat berkontribusi lebih dalam penanganan ketahan pangan.” Ucap Suhardjo selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKKP)  Kabupaten Serang. (EH).

 

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA