INTERNASIONAL

Donald Trump Minta Bantuan Presiden China Menangkan Pilpres 2020

donald trump china
Presiden AS Donald Trump berusaha membuat Xi Jinping presiden China membantunya memenangkan pilpres 2020, menurutbuku baru  mantan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton.

Dalam rincian buku yang akan datang di media AS, Bolton mengatakan Donald Trump ingin China membeli produk pertanian dari petani AS.

Pemerintahan Donald Trump berusaha mencegah publikasi buku tersebut.

Menurut pengaduan Departemen Kehakiman, itu berisi “informasi rahasia”.

Buku yang berjudul The Room Where It Happened, akan dirilis pada tanggal 23 Juni.

BACA JUGA:  Dewan Gereja Dunia Minta Hagia Sophia Tidak Dijadikan Masjid

Pada bulan Januari, Gedung Putih mengatakan buku itu berisi rincian “rahasia”, yang harus dihapus, meskipun Bolton menolak ini.

Bolton juga menangani klaim yang membentuk bagian sentral dari persidangan pemakzulan presiden.

Pada bulan Januari, Presiden Trump didakwa karena menahan bantuan militer untuk menekan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky agar memulai penyelidikan korupsi terhadap calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden dan putranya, Hunter.

Trump membantah laporan tersebut dan dibebaskan setelah persidangan dua minggu di Senat yang dikuasai Partai Republik, yang tidak mengundang saksi.

Bolton mengatakan penyelidikan mungkin memiliki hasil yang berbeda jika membahas hal selain Ukraina dan menyelidiki contoh-contoh lain dari campur tangan politik Trump.

Bolton bergabung dengan Gedung Putih pada April 2018 dan pergi pada September tahun berikutnya, dengan mengatakan bahwa dia telah memutuskan untuk berhenti sebagai penasihat keamanan nasional. Presiden Trump, bagaimanapun, mengatakan dia telah memecat Bolton karena dia tidak setuju dengannya.

BACA JUGA:  Walikota Seoul Ditemukan Meninggal, Diduga Bunuh Diri
loading...