Beranda INOVASI Elon Musk Pamerkan Neuralink, Chip Pintar untuk Otak Manusia

Elon Musk Pamerkan Neuralink, Chip Pintar untuk Otak Manusia

elon musk neuralink 3
Elon Musk telah mendemonstrasikan antarmuka otak-komputer yang berfungsi dengan harapan akan memungkinkan hubungan simbiosis manusia-AI.

Selama siaran langsung yang diadakan oleh startup neuroteknologi Neuralink, Elon Musk memamerkan chip yang telah ditanamkan langsung ke otak babi.

Pengusaha miliarder yang juga mengepalai SpaceX dan Tesla itu, sebelumnya telah memperingatkan bahwa manusia berisiko disusul oleh kecerdasan buatan dalam lima tahun ke depan.

Penerapan awal teknologi Neuralink adalah dalam mengobati gangguan dan penyakit otak, dengan Elon Musk mengatakan itu akan “memecahkan masalah penting otak dan tulang belakang dengan perangkat yang ditanamkan secara mulus.”

elon musk neuralink 2

Potensi utamanya hampir tidak terbatas, klaimnya, dengan satu contoh adalah kemampuan untuk memanggil mobil Tesla yang bisa mengemudi sendiri secara telepati.

“Kamu bisa mengatasi kebutaan, kamu bisa mengatasi kelumpuhan, kamu bisa mengatasi masalah pendengaran,” katanya.

“Di masa depan Anda akan dapat menyimpan dan memutar ulang kenangan. Ini semakin terdengar seperti episode Black Mirror. Pada akhirnya Anda dapat mengunduhnya ke dalam tubuh baru atau tubuh robot.”

Perangkat ini “seukuran koin” dan dapat menggantikan sepotong tengkorak.

“Ini seperti Fitbit di tengkorak Anda dengan kabel kecil,” katanya. “Saya bisa saja memiliki Neuralink sekarang dan Anda bahkan tidak akan tahu. Mungkin saya tahu.”

elon musk neuralink 4

Chip itu memiliki masa pakai baterai sepanjang hari dan akan dapat terhubung langsung ke smartphone pemakainya, klaim Musk.

Tidak seperti versi prototipe yang ditampilkan selama acara Neuralink 2019, iterasi terbaru sepenuhnya nirkabel dan mengisi daya menggunakan induksi.

Ketika versi terbaru diuji pada babi, ia mampu membaca aktivitas otak hewan, sementara tidak menyebabkan kerusakan permanen pada otak babi.

Elon Musk mengatakan Neuralink sedang dalam upaya perekrutan besar untuk membuat perangkat dapat diskalakan, dengan puluhan daftar pekerjaan saat ini diposting di situsnya.

BACA JUGA:  Elon Musk akan Buat Hukum Sendiri di Mars

elon musk neuralink

Tidak disebutkan kapan perangkat tersebut akan tersedia secara komersial, meski harganya mungkin tidak lebih dari smartphone kelas atas.

“Awalnya akan sangat mahal tapi itu akan turun dengan cepat,” kata Musk. “Saya pikir kami ingin menurunkan harga menjadi beberapa ribu dolar.”

loading...