Home OLAHRAGA Enea Bastianini Juara MotoGP Americas 2022, Marc Marquez Epic Comeback

Enea Bastianini Juara MotoGP Americas 2022, Marc Marquez Epic Comeback

Enea Bastianini
Enea Bastianini berhasil menjuarai MotoGP Americas 2022 dan sekaligus pembalap Gresini Ducati ini telah menciptakan sejarah. Sementara Marc Marquez epic comeback sekalipun sempat tertimpa bencana.

Enea Bastianini keluar sebagai juara MotoGP Americas 2022 yang menjadi balapan ke-500 kelas premier, Senin (11/4/2022) dini hari WIB.

Enea Bastianini berhasil menjadi King of COTA yang baru setelah sukses mengasapi Jack Miller, Francesco Bagnaia hingga Jorge Martin dengan meraih kemenangan kedua di musim MotoGP 2022.

Kemenangan Bastianini di MotoGP Americas 2022 membuat dia menjadi pembalap Gresini pertama yang merengkuh gelar juara di COTA, Austin, Texas, Amerika Serikat sepanjang sejarah.

Bastianini sukses menaklukkan Sirkuit COTA dengan Desmosedici GP 21 miliknya, memecah dominasi Repsol Honda dan menyamai prestasi Alex Rins pada 2019 lalu.

Sedangkan, podium runner-up dan ketiga diraih oleh Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Jack Miller (Ducati).

Para pembalap Ducati tampil konsisten sejak awal lap pertama bergulir. Jack Miller langsung menerobos barisan depan dan memimpin balapan. Sementara, Jorge Martin melorot ke posisi dua diikuti Francesco Bagnaia dan Bastianini.

Fabio Quartararo mengawali start bagus dengan naik satu setrip ke posisi lima menyalip Johann Zarco. Sedangkan, Marc Marquez mengalami bencana. Sang juara bertahan yang start dari posisi ke-9, harus apes.

Sejak start dimulai, tampaknya ada masalah dengan motor Marquez sehingga ia tak bisa start dengan mulus dan langsung drop ke posisi terakhir.

Memasuki lap ketiga, pembalap VR46 Marco Bezzecchi mengalami crash dan gagal melanjutkan balapan.

Di barisan depan, sedikit perubahan terjadi. Bastianini berhasil menyalip Bagnaia untuk merebut posisi ketiga. Martin melorot ke posisi empat. Sedangkan Quartararo disalip Zarco dan turun ke posisi enam.

Zarco membuat peningkatan memasuki lap kelima, ia berhasil masuk ke posisi empat besar dan menyalip Bagnaia.

Sedangkan Quartararo masih terus bertahan di barisan tengah, posisinya makin terancam dengan duo Suzuki Ecstar, Alex Rins dan Joan Mir yang mulai menyalipnya.

Sementara itu, Marc Marquez perlahan memperbaiki posisinya. Sang raja COTA berhasil naik hingga melesat ke posisi ke-12.

Memasuki lap keenam, Alex Marquez mengalami kecelakaan dan gagal finis. Sedangkan sang kakak, Marc tampil mulai heroik. Ia sukses kembali meramaikan 10 besar. Marquez menyalip rekan setimnya Pol Espargaro untuk masuk ke posisi ke-10.

Memasuki lap kesembilan, Francesco Bagnaia justru menunjukkan penurunan. Bagnaia semakin lambata dan mulai disalip para rival hingga melorot ke posisi keenam.

Alex Rins sang juara edisi 2019 menunjukkan peningkatan, ia masuk ke lima besar dan sukses menerobos posisi keempat.

Di barisan depan, posisi belum berubah. Miller, Martin dan Enea Bastianini masih bertahan di posis 1-2-3.

Namun memasuki lap ke-10, Rins dan Bastianini mulai silih berganti salip menyalip memprebutkan posisi ketiga. Sedangkan, Marc Marquez kembali menunjukkan laju apik, ia mencatatkan lap tercepat pada balapan hari ini dengan catatan waktu 2 menit 3,619 detik.

Di barisan depan, Ducati masih dominan. Hanya dibayangi Rins yang merangsak ke posisi ketiga.

Menyisakan 7 lap, Marquez kembali melakukan epic comeback, ia sukes menyalip Fabio Quartararo di tikungan 12 dan merebut posisi ketujuh.

Pada lap ke-15, Enea Bastianini sukses memanfaatkan slipstream dari Miller. Pembalap Gresini itu merebut posisi terdepan dan sukses menyalip Miller.

Sementara Marc Marquez lagi-lagi melakukan epic comeback, ia sukes menyalip Jorge Martin dan merebut posisi keenam.

Posisi masih belum berubah hingga 2 lap tersisa. Hanya Rins yang berhasil melaukan overtake sengit di sisa lap terakhir terhadap Miller.

Enea Bastianini sukses juara sekaligus mencetak sejarah dengan kemenangan pertama Ducati di COTA.

Alex Rins meraih runner-up, diikuti Miller podium ketiga. Marc Marquez finis di posisi keenam dan Fabio Quartararo finis ketujuh.

 

Exit mobile version