Iklan
Iklan

Erdogan: Turki Ingin Perbaiki Hubungan Dengan Israel

- Advertisement -
Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan Turki ingin memiliki hubungan yang lebih baik dengan Israel dan bahwa pembicaraan di tingkat intelijen terus berlanjut antara kedua belah pihak, tetapi juga menganggap kebijakan Israel terhadap Palestina tidak dapat diterima.

Berbicara kepada wartawan setelah salat Jumat di Istanbul, Erdogan mengatakan Turki memiliki masalah dengan “pejabat tingkat atas” di Israel dan bahwa hubungan bisa menjadi “sangat berbeda” jika bukan karena masalah itu.

“Kebijakan mereka atas Palestina adalah garis merah kami. Tidak mungkin bagi kami untuk menerima kebijakan Israel terhadap Palestina. Tindakan mereka di sana tidak bisa diterima,” kata Erdogan.

“Jika tidak ada masalah di tingkat atas, hubungan kami bisa sangat berbeda,” tambahnya. Kami ingin membawa hubungan kami ke titik yang lebih baik.

Turki adalah negara mayoritas Muslim pertama yang mengakui Israel pada tahun 1949. Mereka mengalami hubungan yang hangat dan hubungan komersial yang kuat sampai Erdogan naik ke tampuk kekuasaan.

turki erdogan

 

Dalam beberapa tahun terakhir, Ankara berulang kali mengutuk pendudukan Israel di Tepi Barat dan perlakuannya terhadap Palestina.

Turki pertama kali memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel pada 2010 setelah 10 aktivis Turki pro-Palestina dibunuh oleh pasukan komando Israel yang menaiki armada milik Turki yang mencoba mengirimkan bantuan dan mematahkan blokade maritim Israel selama bertahun-tahun di Gaza.

Blokade Israel di Jalur Gaza telah dilakukan sejak Juni 2007, ketika Israel memberlakukan blokade darat, laut, dan udara di daerah tersebut.

Mereka memulihkan hubungan pada 2016, tetapi hubungan memburuk lagi pada 2018.

Pada Mei tahun itu, Ankara menarik utusannya karena serangan mematikan terhadap warga Palestina di Jalur Gaza yang memprotes keputusan Presiden AS Donald Trump untuk memindahkan kedutaan Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem.

turki erdogan

Erdogan dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sering bertukar kritik, tetapi kedua negara terus berdagang satu sama lain.

Pada Agustus tahun ini, Israel menuduh Turki memberikan paspor kepada belasan anggota Hamas di Istanbul, menggambarkan langkah tersebut sebagai “langkah yang sangat tidak ramah” yang akan dilakukan pemerintahnya dengan pejabat Turki.

Hamas merebut Jalur Gaza yang terkepung dari pasukan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas pada tahun 2007. Sejak itu, Israel telah meningkatkan pengepungannya dan meluncurkan tiga serangan militer yang berlarut-larut di Gaza.

Turki mengatakan Hamas adalah gerakan politik sah yang dipilih secara demokratis.

turki erdogan

Terlepas dari sikap Erdogan terhadap kebijakan Israel di Palestina, ada laporan bahwa Ankara menunjuk duta besar baru untuk Israel setelah absen selama dua tahun.

Awal bulan ini, sebuah laporan oleh Al-Monitor mengatakan langkah untuk menunjuk Ufuk Ulutas, 40, sebagai duta besar Turki yang baru adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan hubungan dengan pemerintahan Presiden terpilih Joe Biden yang akan datang di AS.

Penunjukannya dilakukan ketika sejumlah negara Arab – Bahrain, Maroko, Sudan dan Uni Emirat Arab – setuju untuk menormalkan hubungan diplomatik dengan Israel dalam kesepakatan yang ditengahi oleh Trump.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA