OLAHRAGA

Erick Thohir Nama yang Berada di balik Suksesnya Penyelenggaraan Asian Games 2018

Ketika Erick Thohir mengambil alih posisi sebagai Ketua Panitia Asian Games 2018 di Jakarta, dia memiliki perasaan yang campur aduk. Karena Jakarta memiliki catatan buruk saat harus mengadakan acara olahraga. Sebelumnya, Jakarta mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan SEA Games 2011, namun berakhir dengan bencana ketika dua orang tewas pada sebuah bentrok di final sepak bola antara Indonesia dan Malaysia.

Kejadian itulah yang mendorong Erick Thohir menetapkan persyaratan yang cukup ketat ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) memintanya untuk mengambil posisi ini pada awal 2015.

Thohir, yang juga merupakan pendiri sekaligus pimpinan dari perusahaan grup Mahaka, akan mengadakan acara tanpa bertanggung jawab terhadap tempat para atlet.

“Saya berkata kepada Bapak Presiden bahwa saya bukanlah seorang Superman. Saya senang menawarkan keahlian saya, akan tetapi jika harus memastikan bahwa tempat tersebut siap dan para atlet telah dipersiapkan, lupakan saja,” ujar Thohir, seperti yang dikutip dari laman Forbes.com,

Hanya sedikit orang Indonesia yang dapat mengambil posisi pekerjaan tersebut. Saudara Erick, Garibaldi Thohir (yang saat ini menjadi orang terkaya ke-23 di Indonesia) adalah satu-satunya kandidat lain selain Erick sendiri.

Erick Thohir sendiri dikenal sebagai pengusaha media ternama. Dia pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment. Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (broadcast) yakni Gen FM & Jak FM, stasiun televisi Jak tv, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing) yakni Harian Republika, Golf Digest, digital yakni Rajakarcis.com.

Erick sendiri pada tahun 1993 lulus program Master untuk Bisnis Administrasi (Master of Business Administration) dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat. Sebelumnya memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Arts) dari Glendale University.

Bukan hanya bergerak media, bisnis Erick juga tersebar di beberapa bidang salah satunya bisnis olahraga. Pada 15 Oktober 2013 setelah melalui proses negosiasi yang panjang, melalui International Sport Capital yang dipimpin oleh Erick secara resmi menjadi pemegang saham mayoritas dengan memiliki saham klub sebesar 70 persen. Pada 15 November 2013, Erick dipercaya sebagai presiden klub Inter Milano menggantikan Moratti hingga saat ini.

Erick Thohir juga dikenal sebagai orang Asia pertama yang memiliki klub NBA. Melalui negosiasi panjang pada 2011 dia membeli saham Philadelpia 76ers. Thohir menjadi bagian konsorsium yang di dalamnya termasuk aktor Will Smith, Jada Pinkett Smith, dan Jason Levien membeli saham 76ers. Thohir juga memiliki klub bola basket di Indonesia yaitu Staria Muda Britama dan Indonesia Warriors.

Erick juga saat ini dipercaya sebagai ketua dari Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee atau INASGOC, bertanggung jawab sebagai panitia pelaksana yang akan menyusun rencana, menyiapkan dan menyelenggarakan Asian Games 2018 dari 18 Agustus sampai 2 September 2018.

Erick dapat dikatakan sukses menjadi ketua penyelenggara Asian Games, karena sampai detik ini pesta olahraga terbesar di Asia berjalan sesuai dengan rencana, aman dan lancar.

Comments

comments

loading...