Iklan
Iklan

Facebook Hapus Situs Berita Militer Myanmar

- Advertisement -
Facebook telah menghapus situs berita yang dijalankan oleh militer Myanmar, sehari setelah dua orang terbunuh memprotes kudeta.

Facebook mengatakan Halaman True News Information Team Tatmadaw melanggar aturan yang melarang hasutan kekerasan.

Platform tersebut adalah sumber utama informasi dan berita di Myanmar.

Puluhan ribu orang kembali ke jalan pada hari Minggu untuk memprotes pengambilalihan militer.

Para pengunjuk rasa telah menolak janji pemilihan ulang dan mengupayakan pembebasan pemimpin terpilih secara demokratis Aung San Suu Kyi dan anggota lain dari partai National League for Democracy (NLD) miliknya.

myanmar

Militer menuduh kemenangan telak pemilihan NLD tahun lalu adalah hasil kecurangan tetapi belum memberikan bukti.

Dalam sebuah pernyataan Facebook mengatakan: “Sejalan dengan kebijakan global kami, kami telah menghapus Halaman True News Information Team Tatmadaw dari Facebook karena pelanggaran berulang terhadap Standar Komunitas kami yang melarang hasutan kekerasan dan mengkoordinasikan kerusakan.”

Situs itu adalah situs utama yang dijalankan oleh militer, digunakan untuk mengeluarkan peringatan kepada pengunjuk rasa dan mendorong tuduhannya tentang hasil pemilu.

Pemimpin militer Min Aung Hlaing dan panglima militer lainnya sudah dilarang dari Facebook di tengah tuduhan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Muslim Rohingya.

Diperkirakan 22 juta dari 54 juta orang di Myanmar menggunakan Facebook.

myanmar

Penduduk berbondong-bondong ke Facebook selama dekade terakhir karena ekonomi Myanmar diliberalisasi, sebagian karena tidak seperti portal online besar lainnya, Facebook mendukung skrip Burma.

Di seluruh negeri pada hari Minggu pengunjuk rasa kembali turun ke jalan.

Di kota terbesar, Yangon, pengunjuk rasa mengangkat potret Aung San Suu Kyi dan menulis slogan-slogan menuntut demokrasi dalam huruf besar di jalanan. Para biarawati Katolik ikut dalam protes di luar kedutaan besar China, sekutu utama Myanmar.

Banyak yang menghormati Mya Thwe Thwe Khaing, seorang wanita muda yang menjadi orang pertama yang tewas dalam protes dan pemakamannya pada hari Minggu.

myanmar

Istri dari aktor terkenal Lu Min mengatakan dia telah ditangkap setelah memposting video yang mengecam kepemimpinan militer.

Ada kecaman luas atas kekerasan pada hari Sabtu, yang terburuk sejak kudeta terjadi pada awal bulan.

Kedua korban tewas itu terjadi saat polisi menggunakan peluru tajam untuk membubarkan pengunjuk rasa di Mandalay.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengutuk kekerasan dalam tweet, mengatakan: “Penggunaan kekuatan mematikan, intimidasi & pelecehan terhadap demonstran damai tidak dapat diterima.”

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA