Iklan
Iklan

Flavs Festival 2022 Hadir Mengusung Tema “REVIVAL”

- Advertisement -
Flavs Festival 2022 yang akhirnya akan terselenggara secara offline di tahun ini. Bersamaan dengan Hari Kebangkitan Nasional.

Flavs Festival 2022 “REVIVAL” mengumumkan tanggal penyelenggaraannya, yakni pada 10 dan 11 September 2022, Festival musik besutan Visicita Network.

Flavs Festival 2022 festival musik yang mewadahi berbagai warna dan kultur yang ada dalam kancah hip hop, soul, dan r&b tersebut akan terselenggara pada secara langsung setelah harus berganti wajah menjadi virtual selama dua tahun ke belakang di masa pandemi.

Flavs Festival 2022

Melengkapi pengumuman tanggal penyelenggaraan acara, Flavs Festival 2022 “REVIVAL” juga merilis dokumenter berjudul “Start From Scratch”. Perilisan itu ditandai dengan penayangan terbatas bersama rekan-rekan media dan tamu undangan yang bertempat di XXI – Epicentrum Walk, Jakarta pada Jumat, 20 Mei 2022.

Segala perjalanan dan perjuangan menuju titik bangkit dari Flavs Festival terangkum dalam dokumenter yang disutradarai oleh Alexander Sinaga tersebut.

Seperti yang kita ketahui bersama, pandemi Covid-19 yang terjadi selama lebih dari dua tahun penuh berdampak besar terhadap industri hiburan secara global. Kondisi tersebut, salah satunya,  menyebabkan pembatalan dan mundurnya jadwal konser, tur, dan festival musik di seluruh dunia.

Flavs Festival 2022

Menolak berpangku tangan pada keadaan, Flavs Festival  mencoba menggodok kembali festivalnya dan berganti wajah dalam format virtual. Hal itu dilakukan semata-mata agar semangat yang diusung tak terhenti begitu saja oleh situasi pandemi saat itu.

“Start From Scratch tidak hanya menyoroti dampak covid-19 secara spesifik di ranah industri musik Indonesia, tetapi juga meringkas napak tilas sejarah tentang bagaimana fenomena hip hop soul r&b itu muncul dan berkembang di Indonesia sampai hari ini.” Ujar Alexander Sinaga, Sutradara film Start From Scratch.

Dokumenter “Start From Scratch” memuat perjalanan dari awal tercetusnya ide untuk menggarap FLAVS FESTIVAL, segala persiapan yang telah dilakukan hingga matang untuk mempersiapkan festival musik hip hop, soul, dan R&B tersebut, munculnya pandemi yang membuat rencana tersebut harus dirombak, hingga inovasi yang dilakukan FLAVS FESTIVAL agar acara tersebut tetap terselenggara dengan menjalankan protokol kesehatan yang berlaku kala itu.

Flavs Festival 2022

Menurut M. Riza alias Bhokero selaku Festival Director FLAVS FESTIVAL, dia dan para pegiat FLAVS FESTIVAL memutuskan untuk tetap melanjutkan gelaran tersebut meski harus beradaptasi dengan aturan dan kebiasaan yang baru di masa pandemi.

Hal itu dilakukan bukan hanya untuk FLAVS FESTIVAL semata melainkan untuk menjadi pembelajaran bagi para penyelenggara acara dan festival lainnya di industri. Sehingga pada 2020 dan 2021, FLAVS berhasil dilangsungkan secara virtual.

“It has to be a movement, harus adaptasi, kita jadi festival virtual. Bukan cuman buat FLAVS tapi buat saya dan industri untuk survive, bahwa ada cara lain,”  ujar Riza dalam dokumenter tersebut.

Flavs Festival 2022

Selaras dengan semangat yang diusung, FLAVS FESTIVAL 2022 “REVIVAL” bakal mengangkat talenta lokal di kancah hip hop, soul, dan R&B dari berbagai penjuru Tanah Air.

Diharapkan, festival tersebut tidak hanya sekadar menjadi ajang hiburan semata, tetapi juga menjadi wadah untuk menampilkan potensi di dunia musik serta menjadi titik temu untuk para talenta yang ada saling berkenalan dan bertukar semangat.

“Walau hip hop mungkin bukan berasal dari Indonesia, tapi pelaku hip hop tersebar dari Sabang sampai Merauke yang mempunyai keunikan masing-masing. Sehingga seperti semboyan negara kita Bhineka Tunggal Ika, FLAVS tahun ini mengusung tema Bhineka Tunggal Hip Hop dan menampilkan talenta lokal yang walau berbeda-beda tapi tetap punya satu rumah yaitu Hip Hop Indonesia. ” ujar Yacko selaku Program Director FLAVS FESTIVAL 2022

Menuju penyelenggaraan FLAVS FESTIVAL 2022 “REVIVAL”, penyelenggara juga mengadakan sejumlah acara lainnya, yakni Flavs Nu Icon yang merupakan program pencarian talenta-talenta baru di dunia hip hop, soul, dan R&B. Acara itu akan digelar secara online pada 24 Mei – 2 Juni 2022.

Guna menjaring lebih banyak talenta-talenta lokal yang ada di berbagai penjuru daerah di Indonesia sesuai nafas Bhineka Tunggal Hip Hop, bakal diadakan pula virtual competition yang dilakukan melalui media sosial dalam bentuk DJ Battle, Beatbox Battle, Freestyle Rap Session, Bboy/Bgirl & Openstyle Battle, Graffiti Battle. Acara itu akan dilakukan secara berkala mulai dari bulan Juni – Agustus 2022. Namun tidak hanya itu, bagi yang berada di Jakarta, bakal diadakan kompetisi yang dilakukan secara offline di bulan Agustus 2022.

Sebelumnya, pada tahun 2020 dan 2021, FLAVS FESTIVAL telah menelurkan kiprah dengan menggarap festival musik virtual yang berhasil mendatangkan rata-rata lebih dari 30 ribu penonton.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA