Beranda HUKUM HOAKS Foto Anies Menanggani Banjir Tak Diliput Media Ternyata Hoax

Foto Anies Menanggani Banjir Tak Diliput Media Ternyata Hoax

Sebuah foto yang menunjukkan Gubernur Anies Baswedan terjun langsung ke lapangan demi mengatasi banjir tanpa diliput media menjadi viral di media sosial. Foto yang diunggah situs tarbawia.net itu terlihat Anies basah kuyup, dengan mengenakan rompi merah sembari duduk minum the panas.

“Tak Diliput Media, Begini Kondisi Anies Saat Tangani Banjir Jakarta,” tulis situs tersebut. “Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, langsung turun tangan untuk membantu korban banjir Jakarta, Rabu (1/1/20).

Potret dan narasi itu pun langsung viral di media sosial. Namun belakangan media yang dikhususkan untuk memeriksa fakta, turnbackhoax.id merilis pernyataan resminya terhadap foto tersebut.

Dilansir dari situs tersebut, rupanya potret yang dimuat tarbawia.net itu bukan diambil pada Rabu (1/1) kemarin. Rupanya foto itu diambil pada 20 Februari 2017, ketika Anies, masih berstatus Calon Gubernur DKI Jakarta, saat meninjau lokasi banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

“Fakta bahwa foto tersebut adalah foto pada 20 Februari 2017 diperkuat dengan perbedaan warna dan model jaket yang dipakai Anies Baswedan pada saat itu dan pada tanggal 1 Januari 2020,” demikian kutipan penjelasan turnbackhoax.id.

“Jaket yang dikenakan Anies pada 20 Februari 2017 berwarna merah dengan lengan berwarna hitam. Sementara jaket yang dikenakan pada tanggal 1 Januari 2020 berwarna orange,” demikian tulis situs tersebut.

Fakta ini pun diperkuat dengan foto serupa yang diunggah akun Facebook Mas Shidik pada 21 Februari 2017. Potret yang sama, dengan angle berbeda, juga diunggah di akun Instagram resmi Anies.

Sementara, kinerja Anies dalam menangani banjir yang terjadi terus menjadi sorotan publik. Sejumlah pihak mengaku kecewa dengan kinerja Anies, bahkan sampai membuat tagar #AniesGabisaKerja masuk daftar Trending Topic Indonesia.

loading...