Iklan
Iklan

Gempa 5,9 Magnitudo Guncang Sulawesi Tengah, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

- Advertisement -
Gempa berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncang Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Guncangan yang cukup kuat membuat warga berhamburan ke luar rumah.

“Warga berhamburan lari ke luar rumah,” cuit Koordinator Bidang Mitigasi Tsunami dan Gempa Bumi BMKG, Daryono, di akun Twitter-nya @DaryonoBMKG, Senin (26/7/2021).

Daryono juga melaporkan gempa tersebut dirasakan di Tojo Una-Una dan sekitarnya dengan skala III-IV MMI. Skala III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sedangkan skala IV MMI artinya guncangan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Meski begitu, ada beberapa titik yang intensitas gempa dirasakan hingga skala V MMI. Dampaknya bisa fatal, seperti kerusakan bangunan.

“Dengan memperhatikan peta tingkat gucangan tampak muncul warna yang mendekati kuning di Tojo Una-Una-Banggai, Sulawesi Tengah dengan intensitas mencapai V MMI, bangunan lemah bisa mengalami kerusakan. Untuk itu mhn info jika ada laporan kerusakan,” cuit Daryono.

Skala V artinya getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Meski begitu laporan mengenai kekuatan gempa yang dicuit Daryono berbeda dengan laporan dari laman BMKG. “Gempa dangkal magnitudo update 5,8 berpusat di laut guncang Tojo Una-Una,” cuit Daryono.

Diketahui, gempa di Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah terjadi pada pukul 10.52 WIB. Kedalaman gempa tersebut berada di 10 kilometer.

Titik gempa berada di 55 kilometer timur laut Kabupaten Tojo Una-Una. Titik koordinat gempa berada di 0,73 lintang selatan dan 121,87 bujur timur.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG di akun Twitter-nya, dikutip dari detikcom, Senin (26/7/2021).

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA