POLITIK

Gibran Rakabuming Tetap Lakukan Manuver Politik di Tengah Pandemi COVID-19

Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka semakin mantap melanjutkan pencalonannya sebagai Wali Kota Solo, Jawa Tengah. Apalagi setelah Pemerintah, DPR dan KPU memutuskan untuk tetap menggelar Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember mendatang.

Keputusan Pilkada serentak yang diperkirakan akan diselenggarakan ketika pandemi COVID-19 masih berlangsung itu tetap berimbas langsung terhadap suhu politik di Kota Solo.

Semangat Gibran makin mengebu setelah bakal calon Wali Kota Solo Achmad Purnomo menyatakan mundur dalam hingar bingar Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bahkan terus melakukan menuver dengan menemui sejumlah pihak di Kota Solo termasuk menyambangi kalangan Nahdlatul Ulama (NU) Surakarta, pada Jumat 8 Mei lalu. Saat itu Gibran menyerahkan bantuan 200 paket sembako kepada marbot dan takmir masjid.

Bukan pertama kalinya Gibran bersilaturahmi dengan PCNU. Sebelumnya dia juga meminta doa restu kepada jajaran PCNU saat pendaftaran bakal calon Wali Kota Solo di DPD PDIP Jawa Tengah akhir Desember tahun lalu. Kunjungan keduanya itu bahkan Gibran didoakan apabila terpilih menjadi Wali Kota Solo menjadi pengayom dan pemersatu umat di Solo.

Gibran Rakabuming Raka

Tidak hanya menemui sejumlah tokoh politik, tiga hari kemudian, Gibran juga blusukan menyambangi sejumlah kampung di antaranya Kampung Jagalan, Purwodiningratan, Relokasi Mertoyudan Mojosongo dan Kampung Gumunggung.

Pada empat titik tersebut, Gibran yang mengenakan kaos putih bergambar Didi Kempot, membagikan total 325 paket sembako untuk warga yang membutuhkan. Menurut Gibran, aksi sosial tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19.

“Proses penyaluran bantuan yang kita lakukan tidak menimbulkan kerumunan. Para relawan sudah memiliki data penerima. Jadi distribusi sembako langsung ditujukan ke masing-masing rumah penerima,” ujar Gibran.

Sepekan kemudian blusukan Gibran berlanjut yaitu pada Minggu (18/5) pagi lalu. Ia mendatangi Balai Muhammadiyah, di Jalan Teuku Umar Nomor 5, Kerprabon, Solo.

Di gedung pusat Muhammadiyah Solo itu Gibran ditemui Ketua Majelis Tabligh Muhammadiyah, Ustadz Ismanto dan jajaran pengurus. Gibran yang mengenakan baju koko putih, sarung dan masker kain, menyerahkan 200 paket sembako untuk marbut Masjid Muhammadiyah se Kota Solo.

Gibran Rakabuming Raka

Bahkan pada Jumat (17/5) malam, Gibran berkunjung di RW 15 Kelurahan Sumber dan RW XI Kelurahan Kerten. Dia bergabung bersama warga untuk melakukan ronda malam.

Empat hari sebelumnya Gibran mendatangi rumah dinas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Puri Gede, Semarang. Kedatangannya guna menyerahkan bantuan ribuan alat pelindung diri, vitamin temulawak dan perlengkapan lainnya.

Sedangkan, bakal calon Wali Kota Solo Achmad Purnomo telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo, Kamis (28/5) kemarin. Alasan Purnomo mundur lantaran menilai kurang tepat jika harus melakukan kegiatan kampanye dan pemilihan di saat kondisi masyarakat masih berjibaku melawan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Sementara, DPP PDI Perjuangan sendiri masih belum memutuskan sikap terkait pencalonan wali kota Solo. Meskipun satu bakal calon, Achmad Purnomo mengundurkan diri. Saat ini bakal calon tinggal menyisakan Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Gibran sendiri telah menyatakan terus maju dalam pencalonannya. Namun, pihak DPP masih belum bersikap lantaran surat pengunduran diri belum secara resmi diterima oleh DPP.

Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto enggan berandai-andai mengenai nasib pencalonan wali kota Solo. Kendati, saat ini tinggal menyisakan satu bakal calon saja.

“Kita ndak perlu mengandai andai ya,” kata Bambang dikutip dari merdeka.com, Selasa (28/5).

loading...