Beranda TEKNOLOGI Google Dituntut Atas Dugaan Monopoli Pasar

Google Dituntut Atas Dugaan Monopoli Pasar

google
Pemerintah Amerika Serikat telah mengajukan tuntutan terhadap Google, menuduh perusahaan tersebut melanggar undang-undang persaingan untuk mempertahankan monopoli atas pencarian internet dan iklan online.

Gugatan tersebut menandai tantangan terbesar yang dibawa oleh regulator AS terhadap perusahaan teknologi besar selama bertahun-tahun.

Ini mengikuti lebih dari satu tahun penyelidikan dan datang ketika perusahaan teknologi terbesar menghadapi pengawasan ketat terhadap praktik mereka di dalam dan luar negeri.

BACA JUGA:  7 Orang Kelompok Teroris Ali Kalora Ditembak Mati, Ini Daftar Lainnya

google

Google menyebut kasus itu “sangat cacat hukum”.

Perusahaan telah mempertahankan bahwa sektornya tetap sangat kompetitif dan praktiknya mengutamakan pelanggan.

“Orang menggunakan Google karena mereka memilih – bukan karena mereka dipaksa atau karena mereka tidak dapat menemukan alternatif,” katanya.

Tuduhan tersebut, yang diajukan ke pengadilan federal, diajukan oleh Departemen Kehakiman AS dan 11 negara bagian lainnya. Gugatan tersebut berfokus pada miliaran dolar yang dibayarkannya setiap tahun untuk memastikan mesin pencarinya dipasang sebagai opsi default pada browser dan perangkat seperti telepon seluler.

google

BACA JUGA:  BTS Diperbolehkan Tunda Wajib Militer Korea Selatan

Para pejabat mengatakan kesepakatan itu telah membantu perusahaan mengamankan tempat sebagai “penjaga gerbang” ke internet, memungkinkannya memiliki atau mengontrol saluran distribusi untuk sekitar 80% permintaan pencarian di AS.

“Dengan demikian, Google telah menutup persaingan untuk pencarian internet,” kata gugatan tersebut. “Pesaing mesin telusur lain tidak mendapatkan distribusi, skala, dan pengenalan produk yang vital – memastikan mereka tidak memiliki peluang nyata untuk menantangnya.”

“Google begitu dominan sehingga ‘Google’ bukan hanya kata benda untuk mengidentifikasi perusahaan dan mesin pencari, tetapi juga kata kerja yang berarti mencari di internet.”

Gugatan itu mengatakan kesepakatan itu telah merugikan publik dengan merusak kualitas pencarian dalam hal privasi dan perlindungan data, mengurangi pilihan dan menggagalkan inovasi.

google

BACA JUGA:  Akun WhatsApp Dapat Dicuri Hacker, Ini Cara Mencegahnya

Sally Hubbard, yang bekerja untuk Open Markets Institute, sebuah lembaga pemikir Washington yang telah lama mendorong tindakan yang lebih agresif terhadap perusahaan teknologi besar, mengatakan fokus pada kesepakatan distribusi pencarian Google adalah salah satu kasus hukum termudah untuk dilakukan terhadap perusahaan itu.

Di Twitter dia mengatakan gugatan itu “sudah lama datang tetapi sangat menyenangkan untuk dilihat”.

loading...
Apa Tanggapan Anda Tentang Media Ini?