Beranda PERISTIWA Gunung Sinabung Semburkan Lava Pijar

Gunung Sinabung Semburkan Lava Pijar

Gunung Sinabung
Gunung Sinabung di Sumatera Utara, tak hanya memuntahkan awan panas, namun juga sempat memuntahkan lava pijar pada Kamis (29/10/2020) malam.

Peristiwa itu pun telah diabadikan lewat gambar foto oleh tim Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Tampak pada foto tersebut cahaya merah yang diketahui berupa lava panas itu meleleh meluncur dari puncak gunung ke bawah badan Gunung Sinabung.

Perisitiwa itu terjadi sekitar pukul 22.24 WIB. “Guguran lava pijar dengan jarak luncur 1.000 meter dari puncak ke arah timur tenggara,” ujar Kepala PVMBG Kasbani dikutip dari kompas.com, Jumat (30/10/2020).

Kasbani mengungkapkan, pada Jumat (30/10/2020) siang, sekitar 12.30 WIB, terpantau awan panas guguran (APG) masih dimuntahkan Gunung Sinabung.

Jarak luncur kali ini lebih jauh dari muntahan sebelumnya. “Jarak luncur 2.500 meter ke  arah timut tenggara,” ujar Kasabani.

Awan pun bertiup seiring embusan angin ke Timur Tenggara. Sekitar pukul 14.10 WIB, jarak muntahan awan panas guguran terlihat berkurang dengan jarak luncuran 2.000 meter ke arah Timur Tenggara.

“Arah anginnya ke timur tenggara,” ujarnya.

Sebelumnya, Penyelidik Bumi PVMBG Badan Geologi yang juga sebagai Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Sinabung Priatna mengatakan bahwa awan panas ini terjadi sejak 25 Oktober 2020.

“Hingga hari ini telah terjadi 6 kali.  Jarak luncuran 1.500 sampai dengan 2.500 meter,” pungkas Priatna.

BACA JUGA:  Kebakaran Rumah Sepasang Lansia di Jombang, Seorang Kakek Tewas Terbakar
loading...
Apa Tanggapan Anda Tentang Media Ini?