INTERNASIONAL

Hagia Sophia Laksanakan Shalat Jumat Pertama dalam 86 Tahun

hagia sophia turki
Kerumunan orang berkumpul di Hagia Sophia untuk salat Jumat untuk pertama kalinya sejak pemerintah Turki memutuskan untuk mengubahnya menjadi masjid.

“Warga Muslim sangat senang, semua orang ingin hadir pada pembukaan [Hagia Sophia],” kata Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya, Kamis.

Situs Warisan Dunia Unesco yang berusia 1.500 tahun itu menjadi museum pada tahun 1934.

Tetapi pengadilan Turki membatalkan statusnya, mengatakan penggunaan apa pun selain sebagai masjid “tidak mungkin secara hukum”.

Presiden Recep Tayyip Erdogan kemudian mengumumkan bahwa situs yang terkenal di dunia itu akan siap untuk salat Jumat dari 24 Juli, dan ia terlihat bergabung dengan jemaah sekitar tengah hari.

Sekitar 1.000 orang diizinkan masuk melalui pos pemeriksaan keamanan, sementara yang lain menggelar tikar di luar.

Keputusan untuk mengubahnya kembali menjadi masjid dikritik oleh para pemimpin agama dan politik di seluruh dunia.

Hagia Sophia dibangun sebagai katedral Kristen Ortodoks dan pertama kali dikonversi menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman sembilan abad kemudian.

Meskipun ada kegembiraan yang cukup besar ketika orang banyak menuju ke situs Unesco itu, tidak semua orang senang. Partai oposisi sekuler yang menjalankan Istanbul telah menggambarkan langkah untuk mengubahnya kembali menjadi masjid setelah 86 tahun sebagai langkah politik daripada agama.

loading...