Beranda INOVASI Hati-hati Nomophobia, Kontrol Diri Main Handphone!

Hati-hati Nomophobia, Kontrol Diri Main Handphone!

Semakin canggih perkembangan teknologi khususnya handphone, membuat kita semakin tak bisa lepas alias bergantung padanya. Tak hanya manfaat yang akan kita dapatkan, beberapa kerugian juga turut menyertainya. Salah satunya ialah nomophobia.

Nomophobia merupakan akronim dari No Mobile Phone Phobia atau bisa diartikan sebagai kecemasan karena tidak bisa menggunakan ponsel. Pengidap nomophobia sangat sulit dipisahkan dengan ponselnya. Sebab, mereka menjadi gelisah hingga stres saat tak bisa mengoperasikan ponsel (detik.com).

Indeks News | phone addiction e15281414856632

Melansir verywellmind, UK Postal Office tahun 2008 merupakan pihak yang pertama kali mencetuskan nama nomopobia. Dalam penelitian yang melibatkan 2.100 orang dewasa itu, didapati 53 persen responden terindikasi pernah mengalami nomophobia. Hal itu ditandai dengan munculnya kegelisahan saat seseorang kehilangan ponsel, kehabisan daya baterai ponsel, atau tidak mendapatkan jaringan seluler.

Studi itu juga mengungkap, kebanyakan dari responden (55 persen) mengaku tidak mau mematikan ponselnya di malam hari, sekalipun sudah tidak lagi mengoperasikan ponsel. Alasannya beragam, ada yang mengaku ingin tetap terhubung dengan kerabat, sebagian lain beralasan harus tetap siaga karena urusan pekerjaan, bahkan ada juga yang merasa gelisah jika ponsel dimatikan.

Indeks News | nomophobia1 1070x6002 1

Ada beberapa tanda yang menunjukkan seseorang mengidap nomophobia. Tanda yang jamak terjadi, antara lain enggan mematikan ponsel, sering mengecek notifikasi di ponselnya, selalu ingin daya baterai terisi penuh, membawa ponsel ke mana saja bahkan sampai ke toilet, dan perilaku lainnya.

BACA JUGA:  Pertamina Foundation Bantu 50 Laptop Untuk Pembelajaran Jarak Jauh
loading...
Apa Tanggapan Anda Tentang Media Ini?