Iklan
Iklan

Heboh Penumpang Positif COVID-19 Lolos Terbang dari Semarang ke Kalteng

Pemerintah memperketat aturan perjalanan, baik di dalam dan luar negeri, di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang belakangan memburuk secara global.

- Advertisement -
Seorang penumpang dengan status positif COVID-19 lolos terbang dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Namun, terkait lolosnya penumpang dengan status COVID-19 ini General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto, menegaskan bahwa kasus ini adalah yang pertama kali terjadi.

Karena Bandara Ahmad Yani biasa menyediakan pengawalan agar para calon penumpang positif COVID-19 mendapat penanganan isolasi.

“Ini kejadian pertama penumpang bisa lolos. Yang bersangkutan saat masuk ke bandara memang menunjukkan dokumen kesehatan, dan divalidasi oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan),” kata Hardi Kamis (6/5/2021)

Hardi juga memastikan KKP sudah mengarahkan yang bersangkutan agar menjalani isolasi mandiri. “Tapi dia ini tidak kembali malah memutar dan masuk ke tempat check in dan tidak terawasi. Padahal KKP sudah menunjuk yang bersangkutan bahwa tidak boleh terbang,” ujarnya.

Hardi menegaskan tidak ada indikasi orang dalam yang membantu meloloskan oknum penumpang bandel tersebut. Meski secara tersirat ia mengakui ada sedikit kelalaian sebab tidak mengawal penumpang positif tersebut.

“Dia keluar lalu masuk lagi dan tidak ada petugas. Memang nakal anaknya mungkin karena hari raya makanya memaksakan untuk pulang,” katanya.

Penumpang yang bersangkutan adalah MY, seorang mahasiswa asal Pangkalan Bun yang berkuliah di salah satu universitas di Semarang.

Untuk mengantisipasi agar insiden serupa tidak terjadi di masa depan, Hardi mengaku pihaknya siap mengevaluasi dan memperketat peraturan bagi pelaku perjalanan di tengah pandemi.

“Pemberian stempel tambahan oleh petugas KKP sebagai tanda hasil tes positif. Untuk memudahkan identifikasi oleh petugas check in dan pada saat boarding,” jelasnya.

“KKP juga akan menahan calon penumpang yang memiliki hasil tes positif untuk selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak pengelola bandara dan maskapai untuk melakukan block data calon penumpang pada system. Sehingga calon penumpang tersebut tidak dapat melanjutkan perjalanan,” pungkasnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA