OLAHRAGA

Hengkangnya Ratu Tisha, PSSI Harus Kerja Keras Cari Sekjen Berintegritas

Ratu Tisha Destria
Hengkangnya Ratu Tisha Destria dari jabatannya sebagai sekjen PSSI, membuat federasi membutuhkan waktu cukup panjang untuk menentukan sekjen yang baru.

Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri, menegaskan banyak proses yang perlu dilalui guna mencari pengganti Ratu Tisha Destria.

Ratu Tisha mengundurkan diri dari jabatan Sekjen PSSI pada Senin, (13/4/2020) kemarin. Dia mengumumkannya dalam sebuah unggahan Instagram. Wanita 34 tahun sudah mengabdi di PSSI sejak 2017.

Ratu Tisha Destria
Sumber Foto: Tempo

Lalu, siapa penerus Ratu Tisha selanjutnya. Sebelumnya muncul rumor Maaike Ira Puspita yang kini menjabat wasekjen bakal jadi penerus Tisha. Namun, kabar tersebut dibantah PSSI. Dalam menentukan sekjen baru harus melalui prosedur rapat Komite Eksekutif (Exco).

Meskipun posisi sekjen terbilang cukup vital dalam roda organisasi, PSSI tak mau terburu-buru mengambil keputusan. Federasi ingin sekjen baru nantinya memiliki integritas serta kesamaan visi dalam mengembangkan sepak bola nasional.

“Ada fit and proper test yang harus diikuti oleh sang calon. Tanpa kecuali. Setelah itu, harus ada persetujuan dari Komite Eksekutif PSSI,” ujar Cucu dikutip dari laman resmi Liga 1.

Ratu Tisha Destria
Sumber Foto: Tempo

“Sekali lagi, menilik tanggung jawab dan tugasnya yang berat, wajar jika penentuan Sekjen PSSI itu harus melalui tahapan yang panjang dan detail,” katanya.

Sekalipun mengundurkan diri dari PSSI, Tisha hingga kini masih menyandang status sebagai Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) periode 2019-2023.

Dia menjadi perempuan pertama yang menduduki jabatan itu. Selain itu, Tisha juga menjadi salah satu dari 18 anggota Komite Pertandingan di AFC.

Ratu Tisha merupakan perempuan pertama yang menduduki posisi Sekjen PSSI sejak 2017 lalu. Dia dipilih langsung oleh Ketua PSSI saat itu, Edy Rahmayadi.

Ratu Tisha Destria
Sumber Foto: Namalo News

Wanita kelahiran Jakarta, 30 Desember 1985 ini adalah putri pasangan Tubagus Adhe dan Venia Maharani. Dia menghabiskan masa kecilnya dengan bersekolah SD hingga SMA di Jakarta.

Lulus SMA, Ratu Tisha kuliah di jurusan Matematika di Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia sempat mendapatkan tawaran bekerja pada perusahan perminyakan. Namun, Ratu Tisha lebih memilih dunia sepakbola yang sudah digelutinya sejak duduk di bangku SMA.

Selain parasnya yang ayu, dia juga berdedikasi yang tinggi terhadap kemajuan dunia sepakbola di Tanah Air. Dalam unggahannya, Tisha sosok ceria dengan senyum yang selalu mengembang di wajahnya.

Tak sedikit warganet yang melayangkan pujian pada dua hal yang ada pada Tisha itu. Hal itu setidaknya bisa dicek dari komentar-komentar follower di Instagram.

loading...