Beranda HUKUM Idham Azis: Siapapun Terlibat Kasus Suap Djoko Tjandra Kami Sikat

Idham Azis: Siapapun Terlibat Kasus Suap Djoko Tjandra Kami Sikat

Idham Azis
Kapolri Jenderal Idham Azis, menegaskan bahwa penyidikan perkara Djoko Tjandra yang melibatkan anak buahnya harus dilakukan secara profesional dan tidak pandang bulu.

Idham Azis menyebut bahwa hal ini merupakan bentuk komitmennya dalam penegakan hukum. “Sekaligus upaya bersih-bersih di tubuh Polri. Transparan, semua yang terlibat kami sikat,” tegas Idham Azis, Jumat, 16 Oktober 2020.

BACA JUGA:  Cabuli Anak Kandung Sendiri Selama 5 Tahun, Pria Ini Mengaku Kilaf

Sikap tegas Idham Azis ini terkait pelanggaran hukum yang dilakukan oleh para penegak hukum terkait Djoko Tjandra menggandeng sejumlah pihak guna memuluskan pelariannya. Tak tanggung-tanggung, pejabat di Kejaksaan Agung dan Polri diduga ikut punya andil membantu Djoko Tjandra.

Di tubuh Polri, Djoko Tjandra diduga menyuap Brigadir Jenderal Prasetijo Utomo untuk mengurus segala dokumen yang dibutuhkan selama di Indonesia.

BACA JUGA:  Rizal Ramli Sebut Warna Asli Gatot Nurmantyo Mulai Kelihatan

Djoko Tjandra juga diduga telah memberikan sejumlah uang kepada Inspektur Jenderal Napoleon Bonaparte untuk menghapus namanya dari daftar red notice. Kini kedua perkara yang melibatkan dua jenderal itu telah masuk ke ranah pengadilan.

Menyikapi ketegasan Kapolri, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan akan mengusut kembali jika nantinya ada oknum lain yang terlibat.

BACA JUGA:  Setelah 20 Tahun Dilarang Masuk AS, Prabowo Langsung Bahas Ketegangan di Laut China

“Kami sedang berbenah untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih profesional dan membentuk penegak hukum yang bersih, dan dipercaya masyarakat. Bagi masyarakat yang tidak bisa mengikuti komitmen tersebut, silakan untuk mundur dari Bareskrim,” pungkas Listyo.

Sementara, Napoleon Bonaparte menyampaikan ancamannya ini saat ditanya tentang keterlibatan nama-nama selain dirinya, yang menerima suap Rp 7 miliar dari Djoko Tjandra. Pelimpahan berkas perkara ke Kejari tersebut, sekaligus menyerahkan tanggungjawab penahanan empat tersangka yang terlibat dalam kasus serupa.

BACA JUGA:  Gatot Nurmantyo Tantang Kepolisian Buktikan Dalang di Balik Aksi Demo UU Ciptaker

Tersangka lainnya yang ikut dilimpahkan yaitu, tersangka Brigjen Prasetijo Utomo, serta tersangka Tommy Sumardi, dan Djoko Tjandra. Namun, hanya ada tiga tersangka yang dibawa ke Kejari Jaksel. Sedangkan, tersangka Djoko Tjandra, berkasnya dilimpahkan ke Kejari Jakarta Pusat (Jakpus).

loading...