TEKNOLOGI

Ilmuwan Jepang Ciptakan Komputer Tercepat di Dunia

komputer jepang
Para ilmuwan telah menciptakan komputer tercepat yang pernah ada. Superkomputer Jepang bernama “Fugaku” sekarang berada di puncak peringkat resmi seberapa cepat mereka dapat melakukan tugas-tugas dunia nyata tertentu.

Fugaku dianugerahi posisi teratas dalam daftar Top500, yang menempati peringkat komputer tercepat di dunia, kata penciptanya. Saat ini juga berada di peringkat teratas yang menguji seberapa cepat kinerjanya dalam aplikasi dunia nyata, seberapa baik ia dapat melakukan tugas kecerdasan buatan tertentu, dan seberapa baik kinerjanya dengan proses intensif data.

Tidak ada komputer yang pernah mencetak di peringkat teratas dari tiga daftar – yang dikenal sebagai Top500, HPCG, dan Graph500 – sebelumnya, kata penciptanya.

BACA JUGA:  Elon Musk Klaim Chip Buatannya Obati Kecanduan dan Depresi

Di daftar Top500, Fugaku mencapai skor 415,53 petaflops. Dibandingkan dengan skor petaflop 148,6 yang diraih oleh pesaing terdekatnya, Summit, yang berbasis di AS dan menggunakan perangkat keras IBM.

Saat ini, Fugaku sedang melakukan pekerjaan eksperimental pada Covid-19, termasuk mensimulasikan bagaimana virus menyebar. Banyak superkomputer di seluruh dunia sedang berupaya mengatasi wabah virus corona, yang memungkinkan para peneliti untuk lebih memahami virus baru dan bagaimana cara memerangi pandemi.

Selain pekerjaan itu, Jepang berharap untuk menggunakan komputer itu untuk program teknologinya “Society 5.0”. Itu bisa digunakan untuk segala sesuatu mulai dari mensimulasikan ledakan nuklir hingga memodelkan perubahan iklim.

BACA JUGA:  Peluncuran Roket SpaceX Batal Akibat Cuaca Buruk

“Saya sangat berharap bahwa Fugaku akan menunjukkan dirinya menjadi sangat efektif dalam aplikasi dunia nyata dan akan membantu mewujudkan Society 5.0,” kata Naoki Shinjo, pejabat eksekutif perusahaan Fujitsu, dalam sebuah pernyataan.

Fugaku diciptakan oleh kelompok riset Riken dan perusahaan teknologi Fujitsu, menggunakan teknologi dari Arm, yang membuat semikonduktor dan perangkat lunak. Arm merancang chip untuk banyak smartphone di dunia, termasuk iPhone, dan dikabarkan akan hadir juga di Mac Apple.

BACA JUGA:  Amazon Revisi Kebijakan Karyawan Hapus TikTok
loading...