INFO SEHAT

Ilmuwan Temukan Cara Baru Deteksi 50 Jenis Kanker

Ilmuwan Temukan Cara Baru Deteksi 50 Jenis Kanker
Ilmuwan menemukan sebuah metode tes darah sederhana yang dapat memeriksa lebih dari 50 jenis kanker, seringkali sebelum ada tanda atau gejala.

Uji coba ini dapat membantu mendiagnosis tumor lebih cepat, ketika mereka lebih mudah untuk dirawat dan, idealnya, penyembuhan, harapan para ahli.

Lebih dari 99% hasil positif akurat, kata tim, tetapi penting untuk memastikan tidak ada kasus yang hilang dan memberikan jaminan palsu.

Dokter menggunakannya dalam uji coba dengan pasien tetapi studi lebih lanjut diperlukan, kata para ilmuwan dalam Annals of Oncology.

"
"

Data percobaan menunjukkan metode ini lebih baik dalam mendeteksi penyakit yang lebih lanjut daripada awal kanker, yang dapat membatasi seberapa bermanfaat penyakit itu.

Uji coba tersebut mencari perubahan kimia tanda menjadi potongan kode genetik – DNA bebas sel – yang bocor dari tumor ke dalam aliran darah.

Para peneliti, dari Dana-Farber Cancer Institute dan Harvard Medical School, bekerja dengan ilmuwan  dari The Francis Crick Institute dan University College London, menguji lebih dari 4.000 sampel dari pasien – beberapa dengan dan beberapa tanpa kanker.

Lebih dari 50 jenis kanker, seperti usus, paru-paru dan indung telur, dimasukkan.

Dan pada 96% sampel, tes tersebut secara akurat mendeteksi jenis kanker.

Comments

comments

BACA JUGA:  Tips Rayakan Lebaran Agar Terhindar Penularan COVID-19
loading...