INOVASI

Ilmuwan Temukan Cara Tunda Proses Penuaan

ilmuwan
Para ilmuwan mengatakan mungkin selangkah lebih dekat untuk bisa menunda proses penuaan.

Sebuah tim ilmuwan dari University of California San Diego (UCSD) menggunakan ragi untuk mempelajari cara kerja proses penuaan.

Ragi, jamur sel tunggal, dipilih karena mudah bagi para ilmuwan untuk dimanipulasi, yang memungkinkan mereka untuk mempelajari apakah sel-sel yang berbeda menua pada tingkat yang sama dan melalui cara yang sama.

Temuan mereka, yang diterbitkan dalam jurnal Science, menunjukkan bahwa meskipun sel-sel yang dipelajari terbuat dari bahan yang sama dan dalam lingkungan yang sama, mereka menua dalam “cara yang sangat berbeda”.

Dengan menggunakan mikrofluida, pemodelan komputer, dan teknik lainnya, para ilmuwan menemukan bahwa setengah dari sel-sel menua melalui “penurunan bertahap dalam stabilitas nukleolus” – wilayah DNA nuklir dalam nukleus dan berfungsi sebagai “otak”.

Sebagai perbandingan, separuh sel lainnya menua karena disfungsi mitokondria mereka, yang merupakan unit produksi energi sel.

Para ilmuwan menyimpulkan sel akan turun satu dari dua jalur kehidupan – baik melalui mitokondria atau nukleolus – dan akan mengikuti “rute penuaan” melalui keseluruhan hidup mereka hingga menurun atau mati.

“Untuk memahami bagaimana sel membuat keputusan ini, kami mengidentifikasi proses molekuler yang mendasari setiap rute penuaan dan koneksi di antara mereka, mengungkapkan sirkuit molekul yang mengontrol penuaan sel, analog dengan sirkuit listrik yang mengontrol peralatan rumah tangga,” kata Nan Hao, penulis senior dari studi dan profesor di UCSD.

Informasi ini membantu para ilmuwan menciptakan lanskap penuaan mereka sendiri sehingga mereka dapat memanipulasi proses penuaan dalam sel. Mereka kemudian mampu menciptakan “rute penuaan baru” dengan umur yang panjang.

“Studi kami meningkatkan kemungkinan merancang terapi berbasis gen atau kimia secara rasional untuk memprogram ulang bagaimana sel-sel manusia menua, dengan tujuan menunda penuaan manusia secara efektif dan memperpanjang rentang kesehatan manusia,” kata Hao.

Para peneliti sekarang akan menguji model baru mereka dalam sel dan organisme yang lebih kompleks, dengan tujuan untuk akhirnya memanipulasi sel manusia.

loading...