Beranda POLITIK Indra Catri Ajak Masyarakat Tetap Produktif di Tengah Pandemi Covid-19

Indra Catri Ajak Masyarakat Tetap Produktif di Tengah Pandemi Covid-19

Indra Catri
Calon Wakil Gubernur Sumbar, Indra Catri, mengatakan kondisi ekonomi masyarakat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 perlu kembali digairahkan. Karena beberapa sumber ekonomi yang selama ini jadi andalan warga untuk menopang hidupnya ikut terdampak.

Segala pembatasan akibat pandemi ini membuat dunia usaha melesu. Karena, segala gerak dibatasi sehingga para pengusaha tidak bisa berjualan lagi. Contoh paling nyata menurut Indra Catri adalah semakin sedikitnya masyarakat yang pergi ke pusat perbelanjaan.

Indra Catri

BACA JUGA:  Desy Ratnasari Akui Diusia ke 46 Belum Temukan Pria Bakal Jadi Suaminya

“Kita tidak boleh terpaku dan pasrah dengan kondisi saat ini. Kita harus tetap produktif sekalipun berada di rumah. Banyak cara untuk mengembangkan usaha, termasuk apa yang kita lihat di posko ini,” ujar Indra Catri saat berkunjung ke Posko RW 4 Surau Balai, kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Jumat (16/10/2020).

Hal ini diungkapkan Indra Catri karena ia cukup tertarik dengan usaha tanaman bonsai kelapa yang dikembangkan oleh Rustam Chaidir, Ketua RW 4, Surau Balai, Kelurahan Anduring.

Indra Catri

BACA JUGA:  Rizal Ramli Sebut Warna Asli Gatot Nurmantyo Mulai Kelihatan

Indra Catri mengatakan mengerdilkan tanaman salah satu jenis usaha rumahan yang berpotensi untuk dikembangkan di tengah pandemi Covid-19. Teknik asal Jepang ini pada dasarnya kata Indra hanya menggunakan pot kecil yang dangkal.

“Tanaman yang bisa dijadikan bonsai pun sangat beragam, seperti pohon serut, sakura, beringin, dan bahkan kelapa,” kata Indra Catri.

Indra Catri

BACA JUGA:  Selandia Baru Laksanakan Pemilihan Perdana Menteri

Varian tanaman bonsai kelapa di Indonesia saat ini kata Indra Catri cukup populer, lantaran pohon kelapa sangat mudah ditemukan dan cocok dengan iklim tropis. Jenis tanaman bonsai kelapa memiliki bentuk yang cukup unik. Pohon kelapa di tanah memiliki postur yang tinggi tegak, sedangkan batang bonsai kelapa bisa diatur sesuai dengan keinginan pemiliknya.

“Ini salah satu contoh usaha rumahan yang perlu kita kembangkan, dan bonsai kelapa ini bisa kita jual secara online dengan memanfaatkan media sosial,” ujarnya.

BACA JUGA:  Nasrul Abit: Transformasi Digital Dapat Memicu Model Bisnis Baru di Sumbar

Indra Catri mengungkapkan, ia sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan ketua RW 4 Surau Balai ini. Namun, Indra juga mengatakan banyak jenis usaha lainnya yang bisa dikembangkan di tengah situasi pandemi saat ini. Seperti kuliner dan lain sebagainya.

“Berusaha dari rumah dengan menggunakan teknologi atau media sosial perlu kita siasati, agar kita tetap produktif di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang kian hari kian memprihatinkan,” pungkas Indra Catri.

 

loading...