Beranda GAYA HIDUP Inilah 5 Makanan Mencegah Tumbuhnya Uban

Inilah 5 Makanan Mencegah Tumbuhnya Uban

Tumbuhnya Uban
Membahas tentang tumbuhnya uban, kamu perlu tahu dulu kalau folikel rambut memiliki sel pigmen yang membuat melanin (bahan kimia pemberi warna pada rambut).

Tumbuhnya uban seiring bertambahnya usia, sel-sel pigmen mulai mati. Tanpa pigmen, helai rambut baru akan tumbuh lebih terang yang lama-kelamanaan menjadi putih dan disebut dengan uban.

Setelah folikel berhenti membuat melanin, lama-kelamaan helai rambut tidak lagi berwarna. Lalu, bisakah tumbuhnya uban dicegah dan adakah makanan yang dapat mencegah pertumbuhan uban?

Selain Pertambahan Usia, Ini Penyebab Tumbuhnya Uban

Stres dan terlalu banyak berpikir memang bisa memicu tumbuhnya uban. Meski begitu, gen yang paling banyak menentukan seberapa dini dan seberapa cepat uban bisa muncul. Jika salah satu dari orangtua kamu memiliki rambut beruban di usia 30-an, kemungkinan besar kamu juga akan mengalaminya.

Ras juga berpengaruh pada pertumbuhan uban. Rata-rata, orang kulit putih mulai beruban di usia pertengahan 30-an. Orang Asia memulainya di usia akhir 30-an. Selain itu, orang Afrika-Amerika akan mengalami pertumbuhan uban di pertengahan usia 40-an.

Faktor kesehatan juga bisa berpengaruh pada pertumbuhan uban. Beberapa kondisi kesehatan tertentu bisa memengaruhi uban, beberapa di antaranya adalah:

  • Kekurangan vitamin B12.
  • Kondisi tumor tertentu yang langka dan diwariskan.
  • Penyakit tiroid.
  • Vitiligo, suatu kondisi yang menghancurkan sel-sel pembuat pigmen di kulit kepala.
  • Alopecia areata, yang menyebabkan kerontokan rambut.

Makanan untuk Mencegah Pertumbuhan Uban

Tumbuhnya Uban

Tadi sudah disebutkan, pertambahan usia menyebabkan pertumbuhan uban. Bertambah tua memang tidak bisa dihindari, tapi kamu bisa mencegah pertumbuhan uban dan membuat rambutmu tetap sehat di usia sekarang dan yang akan datang. Apa sajakah makanan yang dapat mencegah pertumbuhan uban?

BACA JUGA  RevitaLashCosmetics Meluncurkan Kampanye The Curl Effect®

1. Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat penting dalam pengembangan protein kolagen, jaringan ikat yang membentuk sebagian besar tubuh, termasuk rambut.

2. Makanan Fermentasi

Probiotik tidak hanya bagus untuk sistem pencernaan tetapi juga bagus untuk kulit kepala dan rambut. Makanan fermentasi seperti kimchi atau asinan kubis menyediakan probiotik untuk mendukung kesehatan usus.

Selain itu, usus yang sehat penting untuk kesehatan rambut, karena bakteri usus dapat menghasilkan vitamin B biotin. Kekurangan biotin mengakibatkan perubahan warna dan kekuatan rambut, sehingga membuatnya rapuh dan lebih mudah menipis.

3. Ikan Salmon

Salmon adalah sumber vitamin D yang baik dan terkait dengan pigmentasi rambut. Jika seseorang benar-benar kekurangan vitamin D, suplemen dapat membantu. Namun, memperolehnya melalui diet dengan ikan berlemak seperti salmon dapat membuat kamu mendapatkan banyak nutrisi lain untuk mendukung pertumbuhan rambut kuat dan sehat.

4. Telur

Telur adalah salah satu sumber makanan yang memberikan manfaat pada kesehatan rambut. Telur utuh menyediakan vitamin B-12, yang merupakan salah satu vitamin penting untuk pigmentasi rambut.

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam adalah sumber zat besi dan tembaga baik yang merupakan nutrisi untuk mencegah uban dan penuaan. Tembaga adalah salah satu nutrisi yang bertanggung jawab untuk produksi melanin.

Seiring bertambahnya usia, tingkat melanin menurun, sehingga menjaga kadar tembaga tetap tinggi dapat membantu mencegah proses pertumbuhan uban. Menjadikan konsumsi cokelat hitam sebagai kebiasaan sehat dapat menguatkan rambut dan mencegah uban tumbuh.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBupati Solok Epyardi Asda Dilaporkan ke Tipikor Terkait Dugaan Penyalahgunaan Dana Zakat
Artikel berikutnyaSeorang Warga Bekasi Terpapar Covid-19 Ditemukan Tewas Bersimbah Darah