Home NASIONAL Inilah 5 Nama Calon Kapolri Diajukan Kompolnas ke Jokowi

Inilah 5 Nama Calon Kapolri Diajukan Kompolnas ke Jokowi

Calon Kapolri
Lima nama calon Kapolri kini tengah direkomendasikan oleh Kompolnas kepada presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Idham Azis yang memasuki masa pensiun Februari 2021 mendatang.

Ketua Kompolnas Mahfud MD melalui akun Twitternya pada Jumat (8/1/2021) mengungkapkan 5 nama calon Kapolri yang diajukan tersebut.

“Ini 5 nama Komjen Pol. yg diajukan kpd Presiden oleh Kompolnas utk dipilih sbg calon Kapolri : 1) Gatot Edy Pramono; 2) Boy Rafly Amar; 3) Listyo Sigit Prabowo; 4) Arief Sulistyanto; 5) Agus Andrianto,” tulis Mahfud MD di akun Twitternya @mohmahfudmd pada Jumat (8/1/2021).

Mahfud juga menyampaikan kelima calon Kapolri yang diajukan tersebut dianggap memiliki kriteria yang tepat untuk menggantikan Idham Azis.

“Kelima org itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang,” ujar Mahfud.

Sebelumnya diberitakan, Kompolnas telah mengirimkan rekomendasi nama pengganti Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada Februari 2020 mendatang.

Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto menyampaikan daftar calon nama tersebut telah dikirimkan usai menggelar rapat pleno pada Rabu (6/1/2021) kemarin.

Dia mengatakan, rapat pleno itu digelar bersama sejumlah stakeholder untuk menentukan ihwal calon yang menduduki posisi tertinggi di tubuh Polri yang direkomendasikan oleh Kompolnas.

“Rabu ada rapat pleno untuk membahasnya, setelah sebelumnya Kompolnas menyerap aspirasi dari masyarakat (tokoh masyarakat, akademisi, LSM, media dan lain-lain), para purnawirawan Polri (PP Polri) dan internal Polri, tentang kriterianya,” uajar Benny, Jumat (8/1/2021).

Ia menyampaikan rekomendasi tersebut kini telah dikirimkan kepada presiden Jokowi. Namun demikian, Benny enggan membeberkan lebih lanjut nama-nama calon Kapolri yang direkomendasikan oleh Kompolnas.

Yang jelas, daftar nama calon yang dikirimkan lebih dari satu nama.

“Setelah selesai hasilnya kemudian disampaikan oleh Ketua Kompolnas ke Presiden. Calonnya lebih dari satu nama. Untuk nama tidak dipublikasikan karena suratnya bersifat rahasia,” pungkasnya.

Exit mobile version