Iklan
Iklan

Inilah Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

- Advertisement -
Cara mengencangkan kulit wajah dapat dilakukan dengan bantuan obat-obatan maupun tindakan medis. Namun, ada juga beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan agar kulit wajah tetap terlihat kencang dan awet muda.

Kemampuan kulit untuk memperbaiki diri kian menurun seiring pertambahan usia. Hal ini karena produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang, sehingga kulit wajah akan tampak semakin kendur disertai dengan munculnya garis-garis halus di sekitar hidung, mulut, dan pipi.

Begini Cara Mengencangkan Kulit Wajah Anda

Mengencangkan

Jika Anda mulai resah dengan kulit wajah yang tampak kendur, ada beberapa cara mengencangkan kulit wajah secara alami yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

1. Menggunakan masker wajah

Untuk mengencangkan kulit wajah dan mengurangi garis kerutan, Anda dapat memakai masker wajah dengan bahan alami, seperti alpukat, madu, dan cokelat bubuk.

Anda cukup mencampurkan 2 buah alpukat, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok makan cokelat bubuk. Selanjutnya, oleskan masker tersebut ke wajah hingga merata. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Anda juga bisa menggunakan masker yang terbuat dari yoghurt untuk melembapkan kulit wajah.

2. Melakukan pijat wajah secara teratur

Cara mengencangkan kulit wajah lainnya adalah dengan memijat wajah secara rutin. Perawatan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di wajah dan leher.

Anda dapat memijat wajah dengan gerakan memutar atau dari bawah ke atas guna mencegah munculnya keriput dan garis halus. Lakukan pijat wajah secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda juga dapat mencoba pijat akupresur pada wajah untuk meredakan ketegangan dan merelaksasi otot wajah. Walau cara ini belum terbukti secara ilmiah dapat mengencangkan kulit, pijatan pada wajah setidaknya dapat memberikan rasa nyaman dan rileks.

3. Mencukupi kebutuhan nutrisi

Tak hanya dipengaruhi oleh faktor dari luar tubuh, cara mengencangkan kulit wajah juga dapat dilakukan dari dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Untuk menjaga kekencangan dan kesehatan kulit wajah, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, protein, dan asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6.

Makanan dengan kandungan antioksidan seperti polifenol dan flavonoid juga baik untuk kesehatan kulit, misalnya brokoli, bayam, apel, dan buah beri. Jangan lupa pula untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari.

4. Menerapkan pola hidup sehat

Hal yang juga tidak kalah penting untuk mengencangkan kulit wajah adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti:

  • Berolahraga secara teratur
  • Menghentikan kebiasaan merokok yang dapat mengganggu perkembangan sel kulit dan produksi kolagen
  • Menghindari paparan sinar matahari langsung
  • Menggunakan tabir surya, terutama saat beraktivitas di luar ruangan
  • Membersihkan make up sebelum tidur.

Meski demikian, perlu diperhatikan pula bahwa setiap orang bisa saja memperoleh hasil yang tidak sama karena perbedaan struktur jaringan pada wajah, termasuk tulang dan otot. Selain itu, hasilnya pun tidak dapat diperoleh secara instan sehingga Anda perlu sabar dan konsisten dalam menerapkannya.

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami mudah dilakukan. Kendati demikian, Anda tetap disarankan untuk berhati-hati saat menggunakan bahan alami, terutama jika memiliki alergi. Begitu juga halnya ketika menerapkan diet atau olahraga tertentu.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan tindakan medis sebagai cara mengencangkan kulit wajah, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui tindakan atau perawatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit wajah Anda.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA