Iklan
Iklan

Inilah Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

- Advertisement -
Menurunkan kolesterol secara alami bisa menjadi pilihan yang tepat sebelum mengonsumsi obat penurun kolesterol. Selain tidak menimbulkan efek samping, cara alami menurunkan kolesterol juga bermanfaat lebih terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kolesterol bisa diturunkan menggunakan obat maupun secara alami. Karena keefektifannya telah terbukti dan manfaatnya yang luas, dokter umumnya akan menyarankan Anda untuk menurunkan kolesterol secara alami terlebih dahulu, ketimbang langsung mengonsumsi obat.

Ragam Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

Alami

Pada dasarnya, cara menurunkan kolesterol secara alami berputar pada gaya hidup dan pola makan yang sehat. Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa Anda coba:

  • Konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat

Guna memenuhi kebutuhan lemak, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti telur atau alpukat. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti ikan salmon dan makarel, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

  • Perbanyak asupan makanan berserat

Konsumsi makanan berserat juga dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami. Serat dapat mengikat lemak sehingga mengurangi penyerapannya di dalam usus. Dengan begitu, kolesterol darah pun berkurang. Makanan berserat yang disarankan adalah gandum, buah-buahan, kacang-kacangan dan sayuran.

  • Batasi makanan yang mengandung lemak jahat

Untuk menurunkan kolesterol secara alami, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat, yaitu lemak jenuh dan lemak trans. Kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans di antaranya adalah makanan ringan, makanan cepat saji, gorengan, serta makanan manis dan roti-rotian yang dipanggang.

  • Kurangi makanan manis

Mengurangi makanan yang tinggi gula juga disarankan sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami, sebab konsumsi gula berlebih mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Untuk mengontrol asupan gula, batasi menggunakan gula tambahan dan periksa kadar gula pada label makanan atau minuman yang Anda beli.

  • Batasi konsumsi minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman alkohol secara berlebihan bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan, mulai dari peningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga penyakit kardiovaskular. Jika Anda ingin mengonsumsinya, batasi takarannya dalam jumlah sedang, yaitu sekitar 300 ml per harinya.

  • Berhenti merokok

Merokok dapat menaikkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan. Dengan berhenti merokok, tubuh bisa menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) secara cepat.

HDL berfungsi untuk membersihkan kolesterol jahat di dalam darah dan mengembalikannya ke hati. Itulah sebabnya berhenti merokok bisa menjadi cara menurunkan kolesterol secara alami.

  • Berolahraga secara rutin

Salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami yang efektif adalah dengan membiasakan diri berolahraga dengan rutin selama 30 menit setiap hari. Jika belum terbiasa, coba lakukan latihan fisik selama 10 menit dulu selama beberapa hari, lalu tingkatkan secara bertahap. Beberapa olahraga yang direkomendasikan antara lain bersepeda, berkebun, berenang, jogging, dan senam aerobik.

  • Kurangi stres

Sebuah penelitian menyatakan bahwa stres jangka panjang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Hal ini bisa terjadi karena hormon kortisol dan adrenalin yang dilepaskan ketika stres. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu kelola stres dengan baik dari waktu ke waktu.

Cara menurunkan kolesterol secara alami bisa sangat efektif jika dilakukan dengan konsisten. Dengan cara ini, kadar kolesterol bahkan bisa turun menjadi normal tanpa harus menggunakan obat.

Jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, terapkanlah cara di atas setidaknya 1 bulan. Setelah itu, periksakan diri Anda ke dokter. Jika cara menurunkan kolesterol secara alami tersebut tidak menunjukkan hasil yang efektif, Anda mungkin akan diberikan obat penurun kolesterol. Meski begitu, pola makan dan gaya hidup seperti yang telah dijelaskan di atas tetap harus dilakukan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA