Home INTERNASIONAL Inilah Daftar 30 Negara yang Tak Mengakui Israel

Inilah Daftar 30 Negara yang Tak Mengakui Israel

30 Negara
Tercatat setidaknya ada 30 negara yang tak mengakui Israel sebagai negara. Alasan negara-negara tersebut tak mau menjalin hubungan dengan Israel sama. Mereka mendukung perjuangan Palestina merebut kemerdekaan dari Israel.

Daftar negara yang tidak mengakui Israel sendiri terbilang cukup banyak. Ada puluhan negara dari total 193 negara yang tergabung dalam PBB yang menyatakan diri tidak mengakui Israel sebagai suatu negara.

Meski Israel mendapat kecaman dari 30 negara ini karena dari tahun ke tahun terus menekan Palestina dengan berbagai cara, namun Israel memiliki hubungan diplomatik dengan 161 negara dan 94 misi diplomatik di seluruh dunia.

Tak hanya negara barat, hingga kini setidaknya ada lima negara liga Arab yang telah melakukan normalisasi hubungannya dengan Israel.

30 Negara

30 Negara tidak mengakui israel sebagai negara

Ketiga negara liga arab tersebut adalah Mesir yang telah menandatangani perjanjian damai dengan Israel pada tahun 1979, Yordania pada tahun 1994, dan Mauritania memutuskan untuk membuka hubungan diplomatik penuh dengan Israel pada tahun 1999.

Yang terbaru adalah dua negara besar dan tajir di Timur Tengah yaitu Uni Emirat Arab dan Bahrain. Lewat perantara Presiden ke-45 Amerika Serikat, Donald Trump, kedua negara Arab itu memutuskan normalisasi hubungan dengan Negeri Yahudi tersebut.

Meski ada banyak negara yang mendukung Israel, ada pula 3o negara yang terang-terangan anti-Israel. Negara-negara bahkan tak mau memiliki hubungan diplomatik dengan Pemerintah Zionis.

Negara dunia yang memutuskan untuk menghentikan hubungan politik dan ekonomi mereka dengan Israel. Negara seperti Mauritania, Qatar, Bolivia, dan Venezuela memutuskan tak lagi berhubungan dengan Israel akibat perang Gaza yang terjadi pada tahun 2009.

Pemerintah Israel pun menetapkan sejumlah daftar negara yang mereka anggap sebagai musuh yakni Lebanon, Suriah, Arab Saudi, Irak, dan Yaman. Karenanya warga negara Israel pun dilarang untuk sekadar berkunjung ke negara tersebut tanpa seizin Kementerian Dalam Negeri Israel.

Diantara 30 negara yang tidak mengakui Israel adalah Venezuela, Korea Utara, Kuba, Bhutan, Niger, Mali, Malaysia, Iran, Indonesia, Brunei Darussalam, Bangladesh, Afghanistan, Yaman, Tunisia, Suriah, Sudan, Somalia, Arab Saudi, Qatar, Oman, Maroko, Libya, Lebanon, Kuwait, Irak, Djibouti, Komoro, Bahrain, Aljazair, dan Pakistan.

Sebenarnya, Mantan presiden RI Abdurrahman Wahid (1999-2001) sempat berencana akan mengakui kedaulatan Israel dan membuka hubungan diplomatik, namun hal itu sempat mendapatkan kecaman dan penentangan dari kelompok Muslim Indonesia.

Sikap Indonesia itu dipertegas oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga Joko Widodo yang menyatakan tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel sebelum masalah Palestina dipecahkan dan pendudukan Israel atas Palestina diakhiri.

 

Iklan 7
Iklan 7
Exit mobile version