Iklan
Iklan

Inilah Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Anak Anda

- Advertisement -
Di balik rasanya yang manis dan lezat, ada beragam manfaat buah pir untuk kesehatan anak, lho, Bun. Manfaat tersebut adalah berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Yuk, Bunda, kenali apa saja manfaat buah pir untuk kesehatan anak yang sayang bila dilewatkan.

Buah pir mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Buah yang berbentuk lonceng ini kaya akan serat, air, dan antioksidan, namun rendah kalori. Buah pir juga mengandung beragam vitamin dan mineral, antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, folat, magnesium, kalium, tembaga, dan kalsium.

Daftar Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Anak

Buah Pir

Karena kandungan nutrisinya cukup lengkap, wajar saja bila buah ini dapat memberikan manfaat luar biasa untuk anak, di antaranya adalah:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, serta beragam mineral pada buah pir memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Manfaat ini sangat penting bagi Si Kecil, khususnya di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, Bun.

Selain itu, kandungan antioksidan pada buah pir juga memiliki khasiat untuk mampu mencegah dan meringankan peradangan. Dengan manfaat tersebut, tubuh Si Kecil bisa jadi lebih fit dan tidak mudah jatuh sakit.

2. Menjaga kesehatan saluran cerna

Buah pir merupakan sumber serat yang sangat baik untuk pencernaan anak. Buah ini mengandung serat dan air yang dapat merangsang gerakan usus dan melunakkan tinja, sehingga pencernaan anak akan lebih lancar.

Dengan memberikan Si Kecil asupan serat yang cukup, baik dari buah atau sayur dan buah lainnya, ia bisa terhindar dari sembelit. Karena kandungan serat lebih tinggi pada bagian kulit buah pir, sajikanlah buah ini tanpa dikupas. Dengan begitu, manfaat buah pir untuk kesehatan anak akan lebih maksimal.

3. Mengontrol kenaikan berat badan

Selain baik untuk pencernaan anak, kandungan serat dan air dalam buah pir bisa membuat anak merasa kenyang lebih lama. Manfaat buah ini dapat mengurangi keinginan Si Kecil untuk makan camilan yang tidak sehat, seperti kripik, permen, es krim, atau biskuit, sehingga ia bisa terhindar dari obesitas.

Bukan hanya bisa mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, konsumsi makanan berserat, seperti buah dan sayuran, juga dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

4. Menjaga kesehatan saraf dan otot

Dalam 100 gram buah ini terdapat sekitar 120 mg kalium. Mineral ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan serta fungsi sistem saraf dan otot. Selain itu, kalium juga memiliki manfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil serta memperkuat tulang dan gigi.

5. Mencegah dan mengatasi dehidrasi

Buah pir merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan air yang tinggi. Selain itu, buah ini juga banyak mengandung elektrolit, seperti kalium, magnesium, dan natrium. Dengan cukupnya asupan cairan dan elektrolit, Si Kecil akan terhindar dari dehidrasi.

Selain memberikan Si Kecil buah ini atau buah lain yang banyak mengandung air, Bunda juga perlu memberikannya ASI, susu, atau air putih yang cukup agar kebutuhan cairannya terpenuhi.

Selain berbagai manfaat di atas, buah ini juga baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan kulit anak.

Itulah segudang manfaat buah ini untuk kesehatan anak yang perlu Bunda ketahui. Namun, pastikan Bunda mencuci bersih buah tersebut sebelum menyajikannya kepada Si Kecil.

Walau buah pir memberikan banyak manfaat bagi kesehatan anak, Bunda tetap perlu memvariasikan menu makanan Si Kecil dengan beragam makanan sehat lainnya. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui makanan apa saja yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA