Iklan
Iklan

Inilah Perbedaan Antara Bank dan Koperasi

- Advertisement -
Sebelum Anda memutuskan di mana melakukan perbankan Anda, penting untuk memahami perbedaan antara Bank dan Koperasi. Kedua jenis lembaga keuangan biasanya menawarkan banyak produk dan layanan yang sama — namun, masing-masing menggunakan model bisnis yang berbeda.

Jika Anda ingin belajar tentang lembaga keuangan dan koperasi sehingga Anda dapat memilih di antara keduanya, berikut adalah beberapa perbedaan antara lembaga-lembaga ini.

Koperasi adalah organisasi nirlaba yang dimiliki dan dikendalikan oleh individu, atau anggota, yang menggunakan layanan mereka.

Anda dapat bergabung dengan koperasi secara online, tetapi kelayakan biasanya didasarkan pada pimpinan, afiliasi anggota keluarga, atau lokasi geografis Anda.

Setoran keanggotaan awal membuat seseorang menjadi pemilik bagian dari koperasi dan memberinya hak suara dalam keputusannya.

Selain itu, koperasi beroperasi untuk mempromosikan kesejahteraan anggota mereka. Keuntungan yang dihasilkan oleh organisasi dikembalikan kepada anggota dalam bentuk suku bunga yang lebih rendah untuk pinjaman, pengurangan biaya dan suku bunga yang lebih tinggi untuk tabungan. koperasi juga dikenal unggul dalam layanan pelanggan karena status nirlaba mereka.

Sementara Bank, adalah lembaga keuangan nirlaba yang dimiliki dan dioperasikan oleh pemegang saham. Mereka biasanya membayar bunga lebih sedikit tetapi mungkin menawarkan lebih banyak kenyamanan terkait perbankan online, ATM, lokasi, dan akses seluler.

Lembaga keuangan ini juga dapat menawarkan program hadiah. Tidak seperti koperasi, bank bebas melakukan bisnis dengan pelanggan mana pun dan tidak diperlukan keanggotaan.

Lembaga keuangan komersial, terutama yang besar, cenderung menawarkan lebih banyak produk dan layanan konsumen daripada koperasi, seperti investasi saham, dana pensiun, dan layanan perencanaan keuangan.

Mempertimbangkan faktor-faktor ini dapat membantu Anda memutuskan jenis lembaga keuangan mana antara Bank dan koperasi yang paling dapat melayani kebutuhan Anda.

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA