INTERNASIONAL

Lahir di Jember Namun di China Sang professor Ini Mampu Bangun RS Untuk Hadapi Wabah Corona

Untuk menghadapi wabah virus Corona, China berhasil mendirikan rumah sakit khusus. Rumah Sakit Huoshenshan di Wuhan, pusat epidemi virus 2019-nCov itu, dibangun hanya dalam waktu 10 hari. Namun tahukah Anda jika ada orang Indonesia di balik keberhasilan China membangun rumah sakit itu?

Dia adalah Prof. Huang Xiqiu yang merancang rumah sakit itu. Ia diketahui warga negara China kelahiran Jember, Jawa Timur, 79 lalu. Informasi ini pun dibenarkan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying.

“Prof. Huang lahir di Indonesia dan dibesarkan di China. Ia mengaku sangat menghargai arsitektur, terutama dalam bidang arsitektur medis,” kata Chunying, Jumat (7/2/2020).

Sumbangsih Huang Xiqiu pun dalam membantu pemerintah China memerangi wabah penyakit tidak hanya kali ini saja. “Ia telah membuat kontribusi penting untuk pertempuran kita melawan SARS dan epidemi ini,” ujar Chunying.

Loading...

Chunying meyakini jika Huang Xiqiu memiliki kenangan indah tentang Indonesia, yang merupakan tempat kelahirannya. “Kami berharap persahabatan China-Indonesia akan semakin dalam dan memberikan hasil yang lebih bermanfaat,” tukasnya.

Huang lahir di Jember pada 1941. Dia pernah menempuh pendidikan dasar di Chung Hua School Jember, Jawa Timur. Huang pernah datang dan mengikuti reuni di sekolah Tionghoa tersebut pada 2010 silam.

“Pertemuan reuni kami adakan 10 tahun sekali,” kata mantan guru Chung Hua School, Iwan Natawidjaja kepada Kompas.com saat ditemui di rumahnya di Kecamatan Kaliwates, Jember, Jumat (7/2/2020).

Huang juga kembali diundang pada reuni sekolah tersebut pada 3 hingga 4 April 2020 mendatang. Akan tetapi belum diketahui apakah Huang akan datang atau tidak dalam reuni tersebut mengingat virus corona masih merebak.

Orang tua Huang Xiqiu sendiri pernah bekerja di Chung Hua School dan keduanya kini telah meninggal.

BACA JUGA:  Virus Corona Serang Italia, Tiga Pertandingan Serie A Diundur

Usai menamatkan pendidikan SMP di Chung Hua School ia kemudian melanjutkan SMA di Surabaya. Setelah itu Huang Xiqiu melanjutkan pendidikannya ke China hingga sekarang.

Rumah sakit Houshenshan sendiri dibangun mulai 24 Januari 2020 di atas lahan seluas 269.000 meter persegi. RS ini mengaplikasikan langkah yang sama seperti RS untuk wabah SARS yang ada di Beijing, China.

Bangunan berupa bangunan prefabrikasi atau konstruksi modular. Hal inilah yang membuat rumah sakit jadi begitu cepat. Kamar-kamar tersebut merupakan rakitan buatan pabrik, yang kemudian diangkut menggunakan truk.

Comments

comments

Loading...
loading...