Iklan
Iklan

Istri Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi Akui Habiskan Rp 600 Juta Buat Belanja di Amerika

- Advertisement -
Iis Rosita Dewi, istri mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ini mengaku mengantongi 60 ribu dollar AS (Rp 600 juta) saat mendampingi kunjungan kerja suaminya di Amerika Serikat.

Iis Rosita Dewi yang juga merupakan, politisi Partai Gerindra mengungkapkan bahwa ia menggunakan uang tersebut untuk berbelanja sejumlah barang seperti jam tangan, tas, dan syal di Los Angeles, Honolulu, dan San Fransisco.

Hal tersebut disampaikan Iis Rosita Dewi saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan perkara dugaan suap terkait pengurusan izin ekspor benih bening (benur) lobster untuk terdakwa mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanyakan kepada Iis Rosita Dewi apakah pernah menerima uang sebelum menemani suaminya kunjungan ke AS. Iis mengaku diberikan 50 ribu dollar AS oleh suaminya.

Bahkan, Iis Rosita Dewi juga mengaku mendapatkan 10 ribu dolar AS dari Plt Dirjen Perikanan Tangkap KKP Muhammad Zaini yang juga ikut dalam rombongan ke AS. “Jadi ke AS bawa uang tunai 60 ribu dollar AS ya?,” tanya Jaksa.

“Ya 50 ribu dollar AS dari pak Edhy, dan 10 ribu dollar AS  pak Zaini, ” ujar Iis Rosita Dewi.

“Dibelikan sesuatu?, ” tanya Jaksa.

“Saya sampai di Los Angeles pada 18 November 2020 saat itu beli jam Rolex di Rodeo Drive, karena memang niat beli itu. Ibu saya sebentar lagi ulang tahun dan anaknya sudah jadi anggota dewan, jadi mau sesuatu yang lebih untuk beliau,” ungkapnya.

Iis Rosita Dewi

Berapa harganya?, ” tanya Jaksa.

“Sekitar 16 ribu dollar AS dan dibayar tunai, ” jawabnya.

Masih di Los Angeles, Iis juga membeli tas Louis Vuitton. “Kemudian kami masuk ke outlet Louis Vuitton mengantarkan bapak untuk beli sepatu, tapi tidak ada sepatunya. bapak menawarkan mau ada yg dibeli. Karena waktu yang sempit, bapak bilang ambil saja kalau kamu mau apa,” jelas Iis.

“Pada saat itu saya mengambil tas. pada saat itu hampir tidak mau jadi. Karena saya pikir yang namanya kita ke luar negeri bisa saja dipakai oleh saya atau saya berikan ke saudara,” imbuhnya.

Tak hanya di LA, Iis juga berbelanja tas dan syal merk Hermes dan Chanel di Honolulu Hawai. “Di Hermes saya beli tas dan syal. Tas harganya sekitar 2 ribu dolar AS,” kata Iis.

Belum puas berbelanja, Iis masih  mendatangi toko Old Navy untuk membeli oleh-oleh di toko tersebut. Sedangkan Edhy Prabowo membeli sepatu LV.

“Lalu kami ke San Fransisco, ke factory outlet di sana. Saya pribadi ke Bottega, Ferragamo, Calvin Klein, tapi kami pisah belanjanya,” katanya.

Di San Fransisco Iis berbelanja hingga 2.000 dollar AS. Sang suami, Edhy Prabowo pun sempat membeli sepeda di San Fransisco.

“Pak Edhy beli sepeda, tapi saya lupa di mana. Pak Edhy juga masuk ke outlet Rolex, beli jam tapi saya hanya lihat dari jauh, karena kami belanja terpisah. Saya lihat beli dengan kartu dan uang cash,” jelas Iis

Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam perkara ini mendakwa mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Edhy Prabowo telah menerima suap sejumlah Rp 25,7 miliar dari para eksportir benih bening (benur) lobster.

Suap itu diduga untuk mempercepat proses persetujuan pemberian izin budidaya lobster dan izin ekspor benih bening lobster kepada para eksportir.

Edhy didakwa didakwa melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 Undang-Undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, Juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA