Beranda NASIONAL Jakarta Banjir, Kenapa Anies Baswedan Disalahkan?

Jakarta Banjir, Kenapa Anies Baswedan Disalahkan?

Sumber Foto: Antara
Jauh sebelum Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI, hampir seluruh wilayah Jakarta menjadi langganan banjir. Namun, setiap banjir datang, Gubernur DKI selalu menjadi sorotan publik, termasuk Anies Baswedan.

Bahkan antara Anies dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sempat bersilang pendapat. Anies dinilai kurang cakap dalam mengatasi banjir yang terjadi di Ibu Kota. Basuki pun juga sempat mengungkapkan rasa kecewanya.

Basuki mengaku kecewa karena proses naturalisasi sungai, yang menjadi andalan Anies dalam memberantas banjir di Ibu Kota hingga saat ini belum sepenuhnya selesai. Kekecewaan Basuki ini juga diamini oleh sejumlah pihak, termasuk warga terdampak dan masyarakat secara luas hingga membuat beberapa tagar bernada komplain menjadi Trending Topic.

Menanggapi berbagai kecaman yang diarahkan kepadanya, Anies kemudian mulai merasa  gerah. Ia kemudian mengaku siap berdebat dan berdiskusi dengan seluruh pihak terkait penyebab banjir. Namun debat dan diskusi ini baru akan diadakan usai penanganan terhadap banjir selesai.

“Kalau mau debat masalah sebab, nanti setelah ini selesai. Nanti kita siap berdiskusi. Sekarang kita pikirkan warga yang memerlukan (evakuasi),” tegas Anies, Kamis (2/1/2020).

Anies pun secara spesifik menyinggung Basuki yang sempat mengungkapkan kekecewaannya karena proses normalisasi sungai yang belum rampung. Menurut Anies, normalisasi yang ia lakukan tak akan efektif bila tak ada penanganan efektif di hulu.

Gubernur DKI Jakarta ini mencontohkan daerah Kampung Pulo, Jakarta Timur, yang sudah dinormalisasi. “Coba lihat Kampung Pulo. Kampung Pulo sudah dinormalisasi belum?” tanya Anies. Namun kenyataannya, usai dinormalisasi, daerah itu memang masih terendam air di banjir kali ini.

Anies pun menegaskan pihaknya enggan berpolemik soal penyebab banjir. Ia mengaku lebih mementingkan masalah evakuasi warga terdampak. “Saya tidak ingin berpolemik dulu sekarang, karena saya tengah memikirkan supaya warga dapat tempat tinggal lagi, bisa beraktivitas,” pungkas Anies.

BACA JUGA:  Natuna Satu-Satunya Wilayah di Indonesia Terbebas dari Covid-19
loading...